UNY Serahkan APD Dan Sarana Penanggulangan Covid-19 Ciptaan Sendiri Ke Gunungkidul

oleh -
Penyerahan APD dan segenap sarana penanggulangan Covid-19 oleh Rektor UNY, Prof. Sutrisna Wibawa kepada Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty. (KH)

WONOSARI, (KH),– Sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada aspek pengabdian masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta memberikan bantuan sarana penanggulangan Coronavirus Diseae 2019 (Covid-19) ke Kabupaten Gunungkidul.

Bantuan yang terdiri dari wastafel injak portable, masker, Alat Pelindung Diri (APD), masker dan handsanitizer juga diberikan ke 3 kabupaten lain di DIY, yakni Sleman, Kulonprogo dan Bantul.

“Semua hasil riset dan produksi civitas akademik UNY. Dibuat mahasiswa dengan dampingan dosen,” terang Rektor UNY, Prof. Sutrisna Wibawa saat menyerahkan sarana penanggulangan Covid-19 di Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Senin, (27/4/2020).

Sutrisna paham, pengadaan APD dan sarana lain bagi tenaga medis di Gunungkidul telah dianggarkan oleh pemerintah. Namun  diharapkan, dengan diserahkannya bantuan itu dapat lebih menunjang kinerja tenaga medis.

“Apalagi belakangan ini banyak kiriman jenazah dari luar daerah yang harus dimakamkan sesuai protokol Covid-19,” tandas dia.

Dia merinci, bantuan yang diserahkan diantaranya 100 set APD, 100 botol sanitizer masing-masing ukuran 1 liter, 100 masker dan wastafel injak portabel sebanyak tiga unit.

Dipaparkan, APD yang terdiri dari baju hazmat berbahan kain spunbound standar medis, masker, dan pelindung muka (faceshield) berbahan plastik tersebut dibuat oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Busana. Masker yang dibuat berbahan kain kedap air (waterproof) tiga lapis. Lapisan tengah diberi bahan viselin untuk filter mikron, dan lapisan dalam berbahan kain antibakteri.

Adapun handsanitizer dibuat oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY sesuai standar WHO. Lantas untuk wastafel injak portable dibuat mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencaanaan.

“Agenda ‘UNY Peduli’ ini juga merupakan rangkaian peringatan Dies Natalis ke-56,” kata Sutrisna.

Komentar

Komentar