Ikut Gowes Dies Natalis UNY ke 56, Andika Yogi Dapat Sapi

oleh -
Penyerahan hadiah sapi ke peserta Sepeda Gembira yang beruntung. (KH/ Kandar)
kadhung tresno

SEMANU, (KH),— Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 56 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar Sepeda Gembira di Kapanewon Semanu, Minggu (13/9/2020). Ratusan peserta ambil bagian dalam kegiatan itu. Peserta merupakan keluarga besar civitas UNY dan masyarakat sekitar.

Titik keberangkatan peserta Sepeda Gembira dimulai dari Telaga Jonge dan berakhir di Telaga Serpeng. Sebelum berangkat dari garis start, masing-masing peserta memperoleh 1 kupon hadiah untuk diundi. Sebagaimana diketahui, pihak UNY menyediakan puluhan doorprize serta hadiah utama berupa seekor sapi betina.

Melalui pengundian, salah satu peserta, Andika Yogi (14) dapat dibilang menjadi orang yang paling beruntung. Sebab, nomor kupon undian miliknya keluar sebagai peraih hadiah utama.

“Bersyukur dapat sapi. Nanti dipelihara bersama ternak lain,” kata pelajar SMPN 3 Wonosari ini usai menerima sapi yang diserahkan oleh penanggungjawab Dies Natail UNY, Prof Dr Suyanta Msi, Minggu (13/9/2020).

Prof Dr Suyanta Msi mengatakan, ragam doorprize yang disediakan antara lain berupa ayam, angsa, dan kambing. Menurutnya, pemilihan Gunungkidul menjadi lokasi pelaksanaan Sepeda Gembira tak lepas dari keberadaan kampus sekolah vokasi UNY.

“Tahun lalu di Wates. UNY juga membuka kampus sekolah vokasi di sana,” kata dia.

Penanaman pohon oleh Rektor UNY, Prof Dr Sutrisna Wibawa. (KH/Kandar)

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNY, Prof Dr Sutrisna Wibawa mengajak masyarakat membiasakan berolahraga, salah satunya bersepeda. Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19. Menurutnya, berolahraga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Agenda ini juga merupakan sosialisasi kampus UNY,” imbuh Sutrisna.

Tak hanya Sepeda Gembira, UNY juga melakukan penanaman ribuan pohon di seputar Kalurahan Pacarejo. Diantaranya dipusatkan di Telaga Serpeng, salah satu sumber air wilayah setempat.

“Ada Gayam, Ketepeng, Nangka, Kelengkeng, Jambu, Durian dan lain-lain,” rinci dia menyebut jenis bibit pohon yang ditanam.

Dalam pelaksanaannya, panitia meminta seluruh peserta mentaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Diantaranya tetap bermasker dan menjaga jarak. (Kandar)

Komentar

Komentar