Contact Tracing Pasien Covid-19 Sasar 60 Warga, 15 Diantaranya Positif Rapid Test

oleh -
Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty. (KH/ Kandar)
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul masih terus melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kontak dengan 3 pasien positif Coronavirus Diseae 2019 (Covid-19).

Hingga hari ini, Senin, (27/4/2020), sebagaimana disampaikan Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty, contact tracing hingga tindakan rapid test telah dilakukan terhadap lebih dari 60 warga.

“Lebih dari 60 warga telah dirapid test. Hasilnya, 15 warga diantaranya positif,” kata Dewi Irawaty saat ditemui di kantornya.

Mengenai hasil tersebut, pihaknya menegaskan masih menunggu tes swab sebagai tindak lanjut untuk mengetahui 15 warga itu positif virus jenis Covid-19 atau tidak. Sebab rapid test sebatas menunjukkan adanya paparan virus.

“Harapannya negatif Covid-19 ya. Sembari menunggu hasil tes swab tindakan isolasi terhadap mereka disiapkan,” imbuh dia.

Pihaknya mengungkapkan, persiapan isolasi 15 warga tersebut salah satu alternatifnya dengan menyiapkan RSUD Saptosari. Percepatan persiapan penggunaan RSUD Saptosari saat ini terus dikebut. Dengan harapan sesegera mungkin bisa digunakan.

Menurut Dewi, isolasi di rumah sakit menjadi langkah yang harus diambil, mengingat kondisi rumah masing-masing warga tidak cukup memadai untuk dilakukan isolasi mandiri.

Ia menyebutkan, dari 15 warga yang menunggu tes swab itu ada yang ukuran rumahnya kecil sehingga sulit jika harus diterapkan pembatasan interaksi atau memberi jarak dengan anggota keluarga lain.

“15 warga itu sebagian besar berada dalam satu desa,” tukas dia. (Kandar)

Komentar

Komentar