Masuk Gunungkidul, Puluhan Pengendara Terjaring Operasi Penyekatan Swab Antigen

oleh -
Penyekatan Swab Antigen oleh Polres Gunungkidul. (KH/ Edi Padmo)

PATUK, (KH),– Polres Gunungkidul hari ini Jumat (12/2/2021) menggelar operasi penyekatan Swab Anti Gen bagi pengemudi dan penumpang kendaraan bermotor yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Operasi dilaksanakan di ruas jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di tugu Gapura selamat datang Gunungkidul, di wilayah Kapanewon Patuk.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Didik Purwanto menyatakan, operasi ini akan digelar selama 3 hari kedepan dengan melibatkan 3 unsur pelaksana yaitu 23 personil Polres Gunungkidul, 5 personil Dishub Gunungkidul, dan 2 personil dari Koramil Patuk. Pelaksanaan ini mengambil momen liburan Imlek, dimana angka wisatawan yang akan berkunjung memasuki wilayah Gunungkidul mengalami peningkatan.

“Operasi ini dilaksanakan atas instruksi Korlantas POLRI, dengan tujuan untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Dalam 3 hari kedepan disediakan 100 paket test Swab Antigen gratis bagi pengendara yang terjaring operasi,” terang Didik.

Dalam pelaksanaan operasi yang dimulai sekitar jam 09.00 WIB, tampak ada puluhan kendaraan yang diperiksa. Beberapa pengemudi dan penumpang kendaraan tampak sudah melengkapi dan bisa menunjukkan surat keterangan sehat dengan menunjukkan surat Swab Antigen, tapi tampak juga puluhan yang lain terjaring operasi dan harus menjalani test Swab Antigen di tempat.

“Ada 35 orang yang hari ini kami test, mereka menunggu hanya sekitar 15 menit, hasil tes sudah keluar, dan semua negatif, mereka kami persilahkan melanjutkan perjalanan,” terang dia.

Menurut Didik, operasi ini memang  difokuskan untuk kendaraan yang berplat nomor luar Gunungkidul, terutama dari daerah daerah zona merah.

“Jika kedapatan hasil test reaktif, ya terpaksa harus putar balik,” tukas Didik.

Suroto, warga Nggrabak, Magelang, Jawa tengah, yang terjaring operasi menyatakan bahwa dia baru pertama kali ini melakukan rapid atau test Swab Antigen.

“Kami bertiga dalam satu mobil, berkunjung ke Gunungkidul dengan tujuan takziah ke Bejiharjo, Alhamdulillah, hasil test kami negatif semua,” ujar Suroto seusai menjalani  test.

Operasi ini akan dilanjutkan selama tiga hari kedepan, dengan titik lokasi yang sama. Selain melakukan test Swab Antigen, personel Polres Gunungkidul juga membagikan masker kepada pengendara yang melintas. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar