Tujuh Perupa Gelar Pameran Di Pendopo Seni Besetran

oleh -
iklan dispar
PANGGANG, kabarhandayani.– Jarang yang tahu jika di Kecamatan Panggang ada pelukis yang mempunyai kemampuan hebat dalam hal menggoreskan kuas di atas kanvas. Hari ini, Kamis (13/8/2014), para perupa atau pelukis di Kecamatan Panggang mengadakan pameran lukisan, yang bertempat di  Pendopo Seni Besetran, Padukuhan Legundi, Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Gunungkidul.
Andhi Tri laksana selaku seniman pemrakarsa kegiatan pameran menyampaikan, tujuan diadakannya pameran adalah untuk memperkenalkan seni rupa kepada masyarakat Panggang, sekaligus mewadahi pelukis terutama yang berdomisili di kecamatan yang jauh dari Ibu Kota Kabupaten tersebut.
“Di sini ada pelukis, ada seniman, ada gerakan seni rupa. Selama ini seni dan budaya yang ada di wilayah setempat belum begitu mendapat ruang, dukungan serta apresiasi, hal itu juga yang mendasari saya mendirikan Pendopo Seni Besetran pada Tahun 2004 silam,” ujarnya.
Disampaikan Ignasius Dicky Takndare salah satu peserta pameran, bahwa keseluruhan peserta berjumlah tujuh seniman, tiga dari Panggang yaitu; Andhi Tri Laksana, Bernard Wora Wari, dan dirinya. Kemudian empat lainnya merupakan seniman undangan dari Ikatan Perupa Gunungkidul (IPG), meliputi; Keling, Sulino, Happy Triwibowo, dan Eri Saktiawan.
Acara tersebut dihadiri oleh CB Supriyanto selaku Ketua Dewan Budaya, Camat Panggang beserta Muspika, Koramil, Kapolsek Panggang, masyarakat sekitar, serta guru dan murid dari sekolah-sekolah terdekat dengan lokasi pameran.
“Lanjutkan apa yang menjadi tujuan anda (seniman), sebagai bentuk lebih peduli dan memperhatikan seni budaya,” ucap CB Supriyanto dalam sambutan. Sementara Gunawan Camat Panggang menyampaikan dukungan penuh atas kreasi anak muda, atas inisiatifnya, mereka diharapkan mampu berperan dalam membangun karakter bangsa.
Pertunjukan kesenian Jathilan mewarnai pembukaan acara tersebut, Di Sini Ada menjadi tema pameran, dijawadwalkan akan berlangsung sejak hari ini hingga 22 Agustus mendatang. Bagi siapapun yang ingin mengunjungi pameran tidak dipungut biaya alias gratis. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar