HUT RI, Tim SAR Gelar Upacara Bendera di Tengah Samudera

oleh -
iklan dispar

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Tim Search and Rescue (SAR) Wilayah 2 Pantai Baron merencanakan akan menggelar upacara di tengah samudera dalam menyambut HUT RI ke-69 pada Minggu 17 Agustus 2014. Sesuai rencana, beberapa buah kapal akan dipersiapkan untuk mensukseskan kegiatan ini.
“Pengalaman tahun kemarin kami telah berhasil melaksanakan upacara bendera di tengah samudera. Dulu pelaksanaan upacara dilaksanakan di sebelah selatan Palang Racuk,” ujar Marjono, Koordinator SAR Wilayah 2 Pantai Baron, Rabu (13/8/2014).
Dari keberhasilan tahun kemarin, lanjut Marjono, seluruh anggota Tim SAR yang menjadi anak buahnya menginginkan hal serupa dilakukan kembali di tahun ini. Menurutnya pelaksanaan upacara di tengah samudera memiliki nilai kebangsaan yang lebih tinggi bagi mereka yang kesehariannya bekerja di tengah laut.
“Kami kan tiap hari di laut, jadi sebisa mungkin kami ingin merasakan dan memberikan rasa cinta negara melalui upacara di tengah laut,” lanjutnya.
Marjono menambahkan, bagi warga yang ingin menyaksikan kegiatan upacara ini telah disiapkan kapal tersendiri. Seperti tahun kemarin, warga ternyata cukup antusias mengikuti jalannya upacara meski harus naik kapal ke tengah samudera.
“Tahun kemarin sejumlah 55 personel mengikuti pelaksanaan upacara ditambah beberapa relawan dari PMI. Mungkin nanti akan menjadi lebih banyak karena ada warga yang hendak ikut. Nanti teman-teman awak media akan kami usahakan agar bisa ikut melakukam peliputan dan mengikuti jalannya upacara,” imbuh Marjono.
Tentang kepastian pelaksanaan kegiatan ini, Marjono masih akan merpertimbangkan dan memperhatikan keadaan gelombang laut. Terkait pematangan rencana, hal ini akan ditentukan dalam beberapa waktu ke depan.
“Koordinasi akhir bersama teman-teman SAR akan dilakukan pada hari Jumat besok. Memang pada tanggal 17 Agustus nanti gelombang laut diperkirakan sangat landai sehingga memungkinkan kegiatan ini terlaksana,” pungkasnya. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar