TPS di Jetis Saptosari Ini Disulap Menyerupai Ruang Ijab Qobul

oleh -
TPS 01 Jetis Saptosari yang ditata kreatif menyerupai ruang Ijab Qobul. Foto: Padmo.
ucapan natal smkn 3 wonosari

SAPTOSARI (KH) – Perhelatan Pilkada serentak dilaksanakan hari ini Rabu (9/12/2020). Perhelatan s5 tahunan untuk memilih Kepala Daerah untuk saat ini digelar dalam situasi pandemi COVID 19 yang belum berakhir.

Ada beberapa kekhawatiran dari berbagai pihak terkait angka partisipasi pemilih, karena walaupun proses Pemilu ini diselenggarakan dengan Protokol Kesehatan yang ketat, tapi melihat kenaikan pasien Covid 19 yang akhir-akhir ini cenderung naik, maka dikhawatirkan masyarakat takut untuk datang ke TPS menyalurkan hak suaranya.

Berbagai cara dilakukan KPPS untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mau datang ke TPS dan menyalurkan hak suaranya. Salah satunya adalah TPS 01 di Kalurahan Jetis, Kapanewon Saptosari ,Gunungkidul. Tak seperti Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada umumnya, TPS 01 Jetis Saptosari disulap menyerupai ruangan Ijab Qobul Pernikahan.

“Tujuan kami, agar masyarakat tambah semangat, kompak dan meningkatkan antusiasme masyarakat agar datang ke TPS,” ujar Bekti, Carik Kalurahan Jetis, Saptosari ketika ditanya alasan desain unik TPS tersebut

TPS 01 Kalurahan Jetis ini memang tampak berbeda. Dengan desain interior layaknya pesta perkawinan, meja dan kursi juga di hiasi dengan kain warna putih dan bunga bunga yang warna warni, menjadikan ruangan TPS menjadi semakin cantik dan elegan dengan dominasi warna putih.

“Kami menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan, tapi dengan desain seperti ini, harapannya masyarakat yang datang akan lebih merasa nyaman dan antusias menyalurkan hak suaranya ” imbuh Bekti.

Yulia Purbawati (32), salah seorang pemilih menyatakan bahwa ide kreatif seperti ini sangat menarik. “PEMILU adalah pesta demokrasi, dan layaknya sebuah pesta, akan menarik jika diselenggarakan dengan meriah,” ujarnya.

“Dengan setting ruangan Ijab Qobul, juga bisa menghadirkan arti bahwa ada ikatan batin yang kuat antara pemilih dan calon pemimpin yang dipilih”, imbuh Yulia.

Demam hobby tanaman hias yang menjadi trend di masyarakat juga dimanfaatkan untuk dekorasi ruang. Tampak berjejer belasan pot tanaman hias yang ikut menambah keasrian dan kecantikan ruangan TPS 01 Jetis Saptosari. (Edi Padmo).

Komentar

Komentar