Tower Seluler Sumbang Kas Daerah Hingga Milyaran Rupiah

oleh -
Tower telekomunikasi seluler. Foto: Juju
kadhung tresno
Tower telekomunikasi seluler. Foto: Juju
Tower telekomunikasi seluler. Foto: Juju

WONOSARI,(KH)— Tower provider jaringan seluler yang terpasang di 18 kecamatan di Gunungkidul ternyata mampu menyumbang kas daerah yang cukup banyak. Selama tahun 2014, pemasukan dari retribusi tower mencapai Rp. 1,176 milyar.

“Pemasukan untuk tahun 2014 mencapai Rp. 1.176.000.000,” kata Kepala Seksi Pos dan Telekomunikasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Frans Edi Wardana, usai melakukan sosialisasi Radio Dhaksinarga di Media Center Wonosari, Senin (13/4/2015).

Menurut Frans, hasil retribusi dari tower tahun 2014 meningkat sekitar 100 juta. Pada tahun 2013 retribusi tower mencapai Rp 1.050.000.000. Umumnya, para pengusaha tertib dalam melakukan pembayaran retribusi tower saat sudah sampai pada batas waktu yang telah ditetapkan.

“Ada dua provider yang kurang tertib, tetapi setelah kita ingatkan semuanya langsung bayar,” paparnya.

Dia mengungkapkan, besaran penarikan retribusi antar tower provider tidak sama. Jumlah retribusi yang ditarik disesuaikan dengan letak tower, serta fungsi yang digunakan. Sesuai dengan Perda Nomor 15 Tahun 2012 tentang Retribusi Pengendalian Menara, tower relay jaringan televisi tidak ditarik.

“Ada pengecualian, untuk menara relay jaringan televisi dalam Perda memang dibebaskan dan tidak kita tarik,” paparnya.

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi, Markus Tri Munarjo mengungkapkan, selama ini tidak ada kendala penarikan retribusi kepada para pengusaha provider seluler. Pihaknya hanya mengirimkan surat untuk menarik retribusi tersebut.

“Tidak perlu mendatangi kantornya, melalui surat saja sudah langsung dibayar,” pungkasnya. (Juju)

Komentar

Komentar