Terkena Abrasi Dan Membahayakan, TPI Baron Dipasang Garis Polisi

oleh -
Abrasi Pantai Baron mengakibatkan kerusakan bangunan TPI. foto: ist.
iklan dispar

TANJUNGSARI, (KH),– Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Baron di Kecamatan Tanjungsari mengalami kerusakan cukup serius. Kerusakan yang terjadi berupa logsornya pondasi bangunan akibat abrasi.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Baron, Marjono mengungkapkan, erosi pantai yang terjadi sehingga berdampak terhadap rusaknya bangunan TPI tersebut mulai terjadi sejak adanya siklon cempaka 2017 lalu.

“Gelombang tinggi belakangan terakhir juga menjadi pemicu kerusakan semakin menjadi,” kata dia, Minggu, (23/6/2019).

Oleh karenanya, pihaknya berkoordinasi dengan Polsek Tanjungsari untuk mengantisipasi bahaya yang mungkin timbul karena bangunan mengkhawatirkan. Tindak lanjutnya Polsek Tanjungsari bersama SAR Satlinmas Kamis, (20/6) lalu memasang garis polisi.

“Kami antisipasi jangan sampai ada wisatawan atau warga beraktivitas di sekitar bangunan TPI utamanya di bagian sisi selatan,” sambung Marjono.

Adapun aktivitas nelayan yang sebelumnya dilaksanakan di TPI yang terkena abrasi tersebut sementara waktu bergeser di sebelah utara. Atau di bangunan TPI yang lama.

Terpisah, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan saat dikonfirmasi menginformasikan, bahwa tahun ini akan dilakukan perbaikan bangunan TPI pantai Baron.

“Dalam realisasi perbaikan, bangunan akan sedikit digeser ke utara,” kata Staf UPT TPI Arghamina DKP Gunungkidul, Suryono. (Kandar)

Komentar

Komentar