3 Pantai di Gunungkidul Ini Bakal Punya Pintu TPR Masing-Masing

oleh -9063 Dilihat
oleh
retribusi
TPR utama menuju pantai Baron. KH/ Kandar.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Tiga pantai di Gunungkidul akan memiliki Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) masing-masing. Pantai-pantai tersebut berada di Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Gunungkidul, Harry Sukmono menyampaikan, pembuatan 3 TPR tersebut merupakan langkah awal skema Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) per destinasi wisata.

“Pembangunan fisik TPR pada akses menuju tiga pantai tengah berlangsung. Yakni di Pantai Sundak, Kukup, dan Baron,” katanya baru-baru ini di Gunungkidul.

Pemilihan pantai-pantai tersebut sebagai persiapan 1 pantai 1 TPR karena pertimbangan kondisi akses jalannya yang memungkinkan.

Dia menilai skema TPR per destinasi akan lebih memudahkankan bagi wisatawan. Sebab, dipastikan akan mengurangi hambatan. Tak sebatas itu, wisatawan bisa langsung mengunjungi destinasi yang diinginkan.

Hary belum bisa menyampaikan tarif masuk ke 1 pantai yang akan punya TPR sendiri tersebut. Saat ini besaran tarif masuk masih dalam proses pembahasan.

“Sedang disiapkan pula sistem pembayaran tunai dan non tunai,” lanjut Hary.

Sebagaimana diketahui, untuk masuk ke destinasi wisata pantai di Gunungkidul saat ini 1 pintu TPR masih digunakan untuk beberapa pantai sekaligus.

“Itu yang membuat antrean panjang kendaraan wisatawan di TPR yang hendak masuk ke kawasan pantai,” tukas Hary.

Ketua PHRI Gunungkidul, Sunyoto saat dihubungi mengatakan, terkait persoalan yang urgen terkait pariwisata Gunungkidul yakni mengenai akses jalan.

“Jalan menuju destinasi wisata pantai banyak yang rusak dan tak memadai. TPR penting, tapi kerusakan jalan dan lebar jalan juga sangat menggangu kelancaran lalu lintas,” tandasnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar