Tekan Kecelakaan dengan Perlebar Tikungan

oleh -
iklan dispar

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Pelebaran bahu jalan sedang dilakukan di sebuah tikungan di Jalan Baron KM 13 Padukuhan Kemiri Desa Kemiri Kecamatan Tanjungsari. Hal ini dilakukan untuk menekan tingkat kecelakaan yang sering terjadi di lokasi ini.
Pelebaran bahu jalan dikarenakan tikungan ini sering tertimbun longsoran tanah dan bebatuan dari bukit di sebelahnya. Material longsoran tanah dan bebatuan itu menutupi bahu jalan yang lebarnya tak seberapa. Tak jarang tanah dan bebatuan itu menumpuk di jalan sehingga mengganggu keselamatan pengguna jalan. Hal ini paling sering terjadi ketika musim hujan datang.
Gunarto, salah satu pekerja mengungkapkan, proyek ini dari Dinas Pekerjaan Umum. Sesuai rencana, proyek akan selesai sebelum liburan Lebaran datang. “Pelebaran bahu jalan sepanjang 25 meter dengan lebar 1 meter. Nantinya bahu jalan ini akan dicor blok agar pengguna jalan dapat lebih leluasa melewati tikungan ini,” jelas Gunarto, Sabtu (19/7/2014).
Pengerjaan proyek saat ini memasuki tahap penggalian dan sebagian lokasi telah siap untuk dilakukan pengecoran. Sejumlah 4 tenaga kerja dikerahkan untuk menyelesaikan proyek ini. Proyek ini disambut baik oleh beberapa warga sekitar yang kebetulan melintas. Wariyo, salah seorang warga Desa Kemiri berharap agar penerangan jalan juga diperhatikan supaya kecelakaan di tempat ini tidak terjadi lagi. “Tikungan di sini memang sempit dan sering terjadi kecelakaan. Baguslah kalau diperlebar, meski hanya beberapa meter. Sebenarnya di sini butuh penerangan jalan juga. Alangkah baiknya lagi, kalau ada lampu penerangan jalan yang mencukupi,” harapnya.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar