Sumber Kehidupan Padukuhan Gedaren 1 Sumber Giri Ponjong

oleh -
Sumber air Gendaren Ponjong. Foto: Hari.
iklan dispar
Sumber air Gendaren Ponjong. Foto: Hari.
Sumber air Gedaren Ponjong. Foto: Hari.

PONJONG, (KH) — Kecamatan Ponjong tidak lepas dari sumber air yang melimpah. Salah satunya adalah sumber air Gedaren 1. Sumber air Gendaren terletak di Padukuhan Gedaren 1, Desa Sumber Giri, Kecamatan Ponjong.

Padukuhan Gedaren 1 mempunyai sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan masyarakat. Sumber yang bernama Sumber Gedaren 1, memiliki mata air yang tak pernah kering. Masyarakat memanfaatkan untuk kegiatan sehari hari, seperti untuk kebutuhan air bersih, rumah tangga, untuk pengairan sawah, dan juga untuk perikanan.

Pertanian Padukuhan Gedaren 1 cukup bagus. Terbukti dengan hasil panen yang melimpah, karena dalam 1 tahun petani dapat panen padi 3 kali. Semua itu tidak lepas dari adanya sumber air di Gedaren 1. Selain padi petani juga menanam palawija, seperti jagung, kacang tanah, juga kedelai.

“Mungkin, kalau tidak ada Sumber Gedaren ini , masyarakat sini sudah transmigrasi ke Sumatera mas. Soalnya, sumber ini adalah sumber kehidupan bagi kami,” ujar Kasiman, Dukuh Gedaren 1 .

“Wilayah pengairan dari sumber air Gedaren 1 ini areanya cukup luas, Di musim kemarau airnya bisa mengalir sampai Genjahan. Di musim penghujan, bisa lebih jauh lagi,” tambah Kasiman.

Kasiman mengatakan, sebenarnya bangunan fisik Sumber Gedaren 1 perlu untuk direnovasi lagi. Belum ada perhatian lebih lanjut akan hal ini dari pemerintah. Semoga ke depan pemerintah lebih memperhatikan Sumber Gedaren 1, karena sumber ini adalah sumber kehidupan di Padukuhan Gedaren 1 dan sekitarnya. (Hari/Tty)

Komentar

Komentar