Ancam Warga Ponjong dengan Sabit dan Pisau, Pemuda Dikeroyok

oleh -701 Dilihat
oleh
keroyok
Petugas kepolisian mengamankan LP yang menjadi bulan-bulanan massa. (istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Entah apa yang ada dalam benak LP (28), seorang pemuda asal Yogyakarta ini bikin onar di wilayah Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (20/6/2024). Dia sempat dikeroyok warga sebelum diamankan pihak berwajib.

Karena aksinya yang meresahkan dia jadi bulan-bulanan warga dan diamankan pihak kepolisian setempat. Kapolsek Ponjong, Kompol Hendra Prastawa menyampaikan, pemuda ini belum lama datang ke Kalurahan Sawahan. Dia menginap di rumah kakek atau neneknya belakangan ini.

“Mulai sekitar pukul 06.30 WIB sampai 07.30 WIB ada beberapa perbuatan LP yang meresahkan dan membahayakan warga,” kata kapolsek.

LP pada pagi hari mulanya berjalan di seputar jalur Sawahan-Tambakrono. Dia membawa sebilah pisau. Saat menemui petani yang sedang berada di ladang dia meminta paksa sabit milik petani.

“Karena takut LP membawa pisau, warga menyerahkan sabitnya,” terang Kompol Hendra.

Usai menerima sabit, LP pun melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Dalam perjalanan ia bertemu kembali dengan seorang pria yang menaiki sepeda motor hendak pergi ke ladang.

Tanpa bas abasi, LP memberhentikan pemotor dan berniat membonceng. Tak merasa curiga, warga yang mengedarai motor menuruti saja permintaan LP.

“Warga yang mengendarai motor berniat menurunkan LP, namun niat itu ditolak. LP malah mengancam menggunakan sabit dan pisau,” imbuh kapolsek.

Sambung Kompol Hendra, mendapat ancaman menggunakan senjata tajam pemotor tak dapat berbuat banyak. Dia menuruti permintaan LP dan melanjutkan perjalanan.

Dalam posisi takut, pemotor terus melaju. Saat menemui banyak orang beraktivitas, dia kemudian nekat menjatuhkan kendaraannya. Aksi nekat itu dilakukan demi bisa lepas dari LP.

“Banyak warga yang melihat. Saat orang-orang yang melihat peristiwa itu hendak menghampiri, LP justru lari lantas dikejar,” ungkap Kompol Hendra.

Panjang lebar dieterangkan, saat situasi ricuh, melintas Suyanto warga asal Ponjong menaiki motor. Dia berhenti dan berusaha melerai. Niat baiknya justru nyaris mendatangkan petaka. LP malah menyerang Suyanto dengan mengayunkan sabit.

Beruntung, Suyanto sigap menghindar sehingga ayunan sabit mengenai sepeda motornya. Warga kian geram dan mengeroyok pemuda itu.

Di saat LP dikeroyok, sebagian warga melapor ke Polsek Ponjong. Petugas pun datang dan mengamankan LP.

“LP kami bawa ke kantor. Karena ada unsur pidana baik pengancaman, perampasan, dan pengrusakan tindakan LP akan kami usut,” tandas kapolsek.

Akan tetapi, sejauh ini LP sulit dimintai keterangan. Jawaban yang muncul saat ditanya berulang kali hanya mengaku lupa. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar