Sosialisasi Hutan dan Lingkungan di SMK N 1 Ponjong

oleh -
Suasana Sosialisasi di SMAN 1 Ponjong. Foto : Hari
iklan dispar
Suasana Sosialisasi di SMAN 1 Ponjong. Foto : Hari
Suasana Sosialisasi di SMAN 1 Ponjong. Foto : Hari

PONJONG, (KH) — Dalam rangka menyambut Hari Hutan Sedunia SMK N 1 Ponjong mengadakan Sosialisasi Hutan dan Lingkungan dengan mengambil Tema ” Hijau Sekolahku, Nyaman Belajarku, Prestasi di tanganku”; kerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul.  Sosialisasi berlangsung di Ruang Teori di SMK N 1 Ponjong pada Hari Jumat (20/3/15), diikuti oleh 30 peserta perwakilan dari OSIS.

Sebelum sosialiasi dimulai, terlebih dulu diadakan tanam pohon dalam Gerakan Penghijauan sekaligus memperingati Hari Hutan Sedunia yang dilaksanakan lebih awal. Dalam acara tersebut SMK N 1 Ponjong menanam sebanyak 40 bibit pohon Pronojiwo dan Eboni.

Ir. Nio Emirensiana, selaku perwakilan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Gunungkidul Divisi Perlindungan mengatakan, cukup terkejut dengan acara menanam pohon ini, karena kemaren saat mengirim informasi undangan ke dinas hanya sekedar sosialisasi. Tapi, saat sampai di sini, ternyata anak-anak dan Sekolah telah mempersiapan sedemikian rupa mulai dari bibit dan lubang-lubang yang akan digunakan untuk menanam.

Nio Emirensia memberi saran kepada para siswa dan sekolah; agar jika suatu saat menanam lagi, dipersiapkan lebih detail, seperti lubang tanaman harus lebih besar sekitar 60cm, dan mempersiapkan pupuk organik dan air.

“Tanaman layaknya manusia butuh kesempatan untuk berkembang. Jadi, sebelum menanam tanaman, kita juga harus mengenal tanaman serta ilmunya. Diusahakan jika memakai pupuk itu yang organik, karena segala sesuatu yang didapat dari alam, sebisa mungkin dikembalikan ke alam lagi tanpa harus merusak ekosistem yang ada,” tambah Nio.

Sebagai Rimbawan, Nio Emirensiana yang didampingi Staff Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sudihardono, menuturkan, sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan ini. Nio Emirensia mengajak para siswa untuk saling bahu membahu menjaga dan melestarikan lingkungan, terutama di Gunungkidul untuk meminimalisir Global Warming yang semakin ke sini semakin memprihatinkan.

Dalam sosialisasinya Nio Emirensiana juga mengajak anak-anak SMK N 1 Ponjong untuk ikut bahu membahu mengkampanyekan gerakan penghijauan untuk warisan anak cucu kita nanti. Potensi alam di Kabupaten Gunungkidul cukup besar dan patut serta layak untuk diperjuangkan agar tetap terjaga dan tidak rusak oleh keserakahan manusianya itu sendiri.

“SMK N 1 Ponjong layak untuk ditiru, bukan karena mempunyai latar belakang sebagai sekolah negeri, akan tetapi usahanya untuk merangkul siswa untuk berjuang bersama dalam menyelamatkan dan memelihara lingkungan adalah salah satu modal Life Skill yang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Nio. (Hari)

Komentar

Komentar