Siap-siap, PPDB Online Sekolah Di Gunungkidul Dimulai Akhir Juni

oleh -
ilustrasi. (sumber: internet)

WONOSARI, (KH),– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk sekolah negeri Di Gunungkidul segera dimulai. Pelaksanaannya direncanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) pada akhir bulan Juni mendatang.

“PPDB online 4 jalur, yaitu Zonasi, jalur Prestasi, Afirmasi (prioritas calon pelajar dari keluarga tidak mampu), dan perpindahan tugas orang tua atau wali,” kata Kabid SMP Disdikpora Gunungkidul, Kisworo, Selasa, (02/06/2020).

Adapun jalur Zonasi memiliki kuot 50 persen dari daya tampung. Untuk jalur Prestasi disediakan kuota sebanyak 30 persen, dan Afirmasi 15 persen. Sementara jalur perpindahan tugas orang tua hanya sebanyak 5 persen

Teknisnya, siswa bisa mengakses laman PPDB online Gunungkidul http://ppdb.pendidikan.gunungkidulkab.go.id mulai 29 Juni hingga 1 Juli 2020.

“Tanggal 1 Juli digelar seleksi, lantas tanggal 2 Juli dilakukan pengumuman. Lalu setelahnya dilaksanakan daftar ulang,” imbuh Kisworo.

Sementara itu, mengenai persiapan daftar ulang sejumlah sekolah telah melakukan segenap skema mekanisme pelaksanaannya.

Sekretaris Panitia PPDB SMPN 1 Wonosari, Sigit Suryono mengungkapkan, untuk mengurangi risiko penularan COVID-19 daftar ulang di sekolahnya akan memakai formulir yang proses penghimpunannya juga dilakukan secara online.

“Calon peserta didik baru hanya akan datang ke sekolah ketika ada hal teknis lain yang belum selesai prosesnya secara online,” kata Sigit.

Hal lain yang disiapkan yakni pada loket pendaftaran di sekolah akan disiapkan pembatas transparan layaknya kaca. Nanti, siswa juga diatur agar tidak terjadi kerumunan. (Kandar)

Komentar

Komentar