Sensus Ekonomi: Jangan Khawatir, BPS Jamin Kerahasiaan Data Individu Responden

oleh -
Apel persiapan Sensus Ekonomi, (18/3/2016). KH/ Kandar
iklan dispar
Apel persiapan Sensus Ekonomi, (18/3/2016). KH/ Kandar
Apel persiapan Sensus Ekonomi, (18/3/2016). KH/ Kandar

WONOSARI, (KH)— Progres sensus ekonomi yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) hingga saat ini secara umum dinilai lancar. Awal minggu ini di seluruh kecamatan dilakukan evaluasi mengenai ketercapaian dan kendalanya.

“Sebagai sampel kita pantau di kecamatan Playen, petugas rata-rata menyelesaikan satu blok sensus. Ini berarti target secara umum tercapai,” kata Kepala BPS Gunungkidul, Sumarwiyanto, Senin, (9/10/2016) di kantornya.

Setiap petugas, terang dia mendapat jatah 2 hingga 3 blok sensus, maka jika pada awal mei ini mereka mendapat satu wilayah/ blok artinya target sesuai waktu dinilai tercapai. Dalam evaluasi ditemukan ada kendala di lapangan yang dihadapi, tetapi bukan merupakan hal yang serius.

Sumarwiyanto menerangkan, dari keluhan beberapa petugas yang muncul, ada kekhawatiran responden mengenai data individu mereka (pengusaha). Ia menegaskan, bahwa BPS memiliki kewajiban untuk menjaga rahasia masing-masing responden, jadi tidak perlu khawatir.

“Sesuai undang-undang hal ini diatur,” imbuh dia.

Hasilnya, tandas dia, nanti yang muncul angka agregat, angka total kecamatan atau sektor sehingga tidak perlu ada kekhawatiran. Sehingga, diharapkan para responden tidak perlu kuatir sehingga diharapkan dapat menjawab secara terbuka dan dengan baik dan benar. (kandar)

Komentar

Komentar