Ribuan Obor Meriahkan Takbir Keliling Jepitu

oleh -
iklan dispar

GIRISUBO, kabarhandayani.– Ribuan warga ramaikan takbir keliling. Warga Desa Jepitu adakan takbir keliling, peserta takbir keliling terdiri dari tujuh padukuhan se Desa Jepitu.
Wanter Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Jepitu menjelaskan, rute takbir keliling mulai dari Padukuhan Nglaban menuju Padukuhan Jepitu melewati Padukuhan Karanglor – Padukuhan Manukan – Padukuhan Gendis – Padukuhan Mboto. Acara takbir keliling sangat meriah karena diikuti dari kalangan anak anak sampai dewasa.
Wanter menambahkan, ribuan peserta takbir keliling membawa obor dan lampion. Obor sebelumya disiapkan dari rumah dan sampai di masjid sudah disediakan minyak tanah oleh panitia masjid.
Walaupun harga minyak tanah mahal, obor tetap menjadi pilihan untuk menyemarakkan takbir keliling. Lebih dari seratus obor  disiapkan tiap padukuhan yang mengikuti takbir keliling.
Selain obor peserta juga membawa alat musik seperti rebana,drumband bahkan ada salah satu peserta membawa gamelan. Kegiatan takbir keliling bertujuan agar memeriahkan malam takbir dan sebagai ajang mempererat tali persaudaraan antar umat muslim di Desa Jepitu.
“Biar rame mas, dan ini diikuti oleh tujuh padukuhan” ujar Wanter.
Kegiatan takbir keliling di Desa Jepitu sudah menjadi agenda rutin dan setiap tahun semakin ramai. Desa Jepitu akan menjalankan sholat Idul Fitri di Lapangan Sumur Ombo Senin (28/7/2014). (Heri_Purnomo/Hfs)

Komentar

Komentar