Rekomendasi Ke Sutrisna Wibawa Dari Demokrat Dan PKS Tinggal Menunggu DPP Pusat

oleh -
Sutrisna Wibawa saat Dialog di Ngunut, Playen, Gunungkidul. (KH/Kandar)

PLAYEN, (KH),– Prof Sutrisna Wibawa mengklaim akan didukung 4 Partai Politik (Parpol) dalam kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul yang dijadwalkan digelar akhir tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Sutrisna ke sejumlah ke media ketika ditemui usai berdialog dengan warga di wilayah Kalurahan Ngunut, Kapanewon Playen, Gunungkidul, Kamis, (19/6/2020).

Empat Parpol dimaksud diantaranya Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat. “Rekomendasi Gerindra sudah turun, PAN sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan calon. Sementara dari Demokrat dan PKS sedang berproses di Dewan Pimpinan Pusat (DPP),” terang rektor UNY ini.

Atas konsekuensi niatnya untuk menjadi orang nomor 1 di Gunungkidul itu dirinya siap pensiun dini sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Mundur sebagai ASN dan meninggalkan jabatan rektor tinggal menunggu waktu.

“Jika nanti ditetapkan sebagai Paslon, dan mendaftar sebagai Cabup maka saya siap ikuti prosedur untuk mundur,” tegas dia.

Dalam kesempatan penyampaian pokok-pokok pikiran di hadapan audiens, untuk membangun Gunungkidul menurutnya dapat dimulai dengan menprioritaskan 5 agenda.

Papar Sutrisna, yang pertama, inkubator bisnis. Pemerintah dinilai perlu mendukung dunia usaha, termasuk BUMDesa dan UMKM dengan cara pembinaan dan pemberian fasilitas. Langkah ini nantinya bisa merintis bisnis start-up dari desa sekalipun.

Yang kedua, membangun pertanian dan peternakan. “Sektor agrikultur hingga saat ini masih menjadi mata pencaharian prioritas masyarakat, sehingga sangat perlu didukung,” jelas akademisi dari Kapanewon Karangmojo ini.

Sementara itu, untuk mendukung potensi dan kesehatan masyarakat, pembangunan Sport Center menjadi agenda diurutan ketiga yang layak untuk diprioritaskan. Konsepnya adalah lapangan standar nasional di setiap kecamatan. Melalui fasilitas ini, Gunungkidul dapat membesarkan atlit sekaligus menghemat biaya jaminan kesehatan dalam APBD karena masyarakatnya makin sehat.

Komentar

Komentar