Pilkades Serentak Digelar Oktober Mendatang

oleh -
Ilustrasi
iklan dispar
Ilustrasi
Ilustrasi

Wonosari,(KH) — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Gunungkidul bagi 58 desa yang hingga kini mengalami kekosongan jabatan Kades, diprediksi akan digelar pada 7 Oktober mendatang. Rencananya pilkades tersebut dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Gunungkidul, Siswanto, memaparkan peraturan daerah dan Perbup tentang Pilkades di Gunungkidul sudah rampung dibuat. Siswanto menjelaskan, setelah melalui berbagai proses, dilakukan Pilkades serentak tersebut. Ia membenarkan digelarnya Pilkades bersamaan dengan jadwal kampanye bagi calon kepala daerah nanti.

“Juli sudah kita mulai tahapannya, seperti sosialisas aturan yang memayungi, dan pembuatan tim kerja kabupaten,” ucapnya, (03/07/2015).

Siswanto menambahkan, anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan Pilkades 2015 mencapai Rp3,8 miliiar. Dana tersebut kini sudah ditransfer ke masing-masing desa, untuk digunakan sebagai dana pelaksanaan di desa. Sementara anggaran untuk tim kerja kabupaten, akan dianggarkan dalam APBD Perubahan 2015 mendatang.

Hingga saat ini sekurangnya ada 58 Desa yang mengalami kekosongan jabatan kepala desa. Setelah terkatung-katung begitu lama, karena terganjal aturan, kini Pemkab sudah memastikan tanggal akan digelarnya Pilkades serentak. (Andri)

Komentar

Komentar