Antisipasi Konflik Saat Pilkades, Panwaslu Giatkan Komunikasi Lintas Sektoral

oleh -
Ilustrasi
iklan dispar
Ilustrasi
Ilustrasi

Wonosari, (KH) — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Gunungkidul mulai melakukan langkah antisipasi untuk menghindari adanya gesekan yang terjadi, jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya digelar pada 7 Oktober mendatang. Adanya kekhawatiran tersebut dipicu proses pemilihan kepala desa bersamaan dengan jadwal kampanye calon Kepala Daerah.

Anggota Panwaslu Kabupaten Gunungkidul, Ton Martono menjelaskan, Panwaslu sudah melakukan koordinasi intensif dengan pihak kepolisian resort Gunungkidul dan satuan kerja pemerintah daerah. Ia menjelaskan, kekhawatirannya bukan tanpa alasan. Waktu pelaksanaan yang bersamaan tersebut,  memicu berbagai potensi konflik.

“Pasti ada potensi penyelenggaraan Pilkades yang ditunggangi kepentingan Pilkada ataupun calon kades yang berebut kursi melalui cara yang tidak netral,” ucapnya, Jumat (03/07/2015).

Ia menjelaskan, dengan melakukan koordinas lintas sektoral sejak dini, akan meminimalisir kemungkinan terjadianya konflik, sehingga Pilkades dapat berjalan dengan lancar, untuk kemudian mendukung proses pemilihan kepala daerah pada akhir 2015 mendatang.

“Kita lakukan antisipasi sejak dini,” pungkasnya. (Andri)

Komentar

Komentar