Pihak Swasta Ikut Kebut Vaksinasi Dosis ke 2 di Gunungkidul

oleh -
Pelaksanaan vaksinasi oleh PT Astra Daihatsu Motor Yogyakarta bersama Kedaulatan Rakyat. (KH/ Kandar)

GEDANGSARI, (KH),– Pihak swasta turut mempercepat tercapaianya target vaksinasi. Seperti dilakukan PT Astra Daihatsu Motor yang bekerjasama dengan Kedaukatan Rakyat. Perusahaan otomotif dan surat kabar ini kembali menggelar vaksinasi. Vaksinasi untuk dosis dua yang dilaksanakan Selasa, (26/10/2021) menyasar warga di Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul.

Wakil Gubernur DIY yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, KGPAA Pakualam X sewaktu memantau pelaksanaan “Valsinasi Sedulur Daihatsu Yogyakarta 2021” di Kalurahan Karangsewu, Galur, Kulonprogo belum lama ini menyampaikan apresiasi pihak swasta yang ikut terlibat melaksanakan program vaksinasi.

“Melalui program CSR mereka mendukung percepatan pencapaian target vaksinasi,” kata Pakualam.

Terpisah, Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rudy Ardiman menyampaikan, program vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum, diantaranya pegiat wisata, pelaku UMKM, pelajar, pegiat kreatif seni dan budaya serta komunitas Daihatsu.

Dengan adanya program vaksinasi dan semakin mudahnya akses vaksin tahap kedua ini diharapkan mempercepat kekebalan masyarakat terhadap Virus Covid-19, sehingga mampu mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia, khususnya di Yogyakarta.

“Partisipasi serta animo masyarakat yang tinggi membuktikan bahwa konsep vaksinasi keliling yang mendekatkan diri kepada masyarakat sangat efektif digelar pada kondisi saat ini,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ke-2 kerjasama Daihatsu dan KR ini telah dimulai pada 9 Oktober 2021 di Kawasan wisata Kampung Batik Giriloyo, Kalurahan Wukirsari Kapanewon Imogiri Bantul. Setelahnya dilanjutkan di Kabupaten Kulonprogo pada Kamis, 14 Oktober 2021 dengan lokasi di Balai Desa Karangwaru, Boro II Galur Kulonprogo, kemudian di Kabupaten Sleman dan Gunungkidul.

Adapun target peserta tiap titik pelaksanaan sebanyak 1.000 hingga 1.500 orang dengan rentang usia 12 – 55 tahun. Sebelumnya, calon peserta vaksinasi mendapatkan informasi melalui media sosial dan media komunitas. Selain itu calon peserta dapat mengisi pendaftaran melalui link yang telah disediakan kemudian akan mendapatkan undangan berupa QR code via WA atau SMS untuk mengetahui jadwal vaksin.

“Undangan melalui SMS atau WA itu menjadi syarat memasuki area vaksin. Guna memecah kerumunan dan mempercepat alur vaksinasi, panitia telah menyiapkan beberapa prosedur yang harus dilakukan peserta. Sebelum masuk ke area preregistrasi peserta wajib cek suhu dan cuci tangan, peserta akan diminta menunjukkan QR Code dan Kartu Vaksin Dosis-1,” papar Rudy Ardiman disela pelaksanaan vaksinasi di Kapanewon Gedangsari.

Pada pelaksanaan vaksinasi di Kapanewon Gedangsari, panitia membaginya menjadi dua lokasi, di Rest Area Gubuk Gede dan di kompleks balai Kalurahan Serut. Penyelenggara menyediakan setidaknya 1.000 dosis vaksin untuk dosis ke dua.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, dr Dyah Prasetyo Rini atas nama Dinkes sangat berterima kasih atas dukungan vaksinasi yang dilakukan oleh pihak ketiga, dalam hal ini Daihatsu. Sumbangsih tersebut sangat membantu mempercepat target capaian vaksinasi di Kabupaten Gunungkidul.

“Capaian vaksinasi per tanggal 26 Oktober 78, 14 persen untuk dosis 1 dan 55,68 untuk dosis 2,” ungkap dia. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar