Perpusdesa Lestari dan Pengusaha Mikro Umbulrejo Training di LIPI Gading

oleh -
Peserta pelatihan melihat contoh kemasan produk. Foto : KH/Gemma
iklan dispar
Peserta pelatihan melihat contoh kemasan produk. Foto : KH/Gemma
Peserta pelatihan melihat contoh kemasan produk. Foto : KH/Gemma

PONJONG, (KH) — Perpustakaan Desa Lestari, Umbulrejo, Ponjong, pada beberapa waktu lalu memberikan fasilitasi para pengusaha mikro di Desa Umbulrejo untuk membantu mengembangkan usahanya. (04/08/2015)

Tidak selamanya perpustakaan hanya sebagai penyedia informasi, tempat untuk membaca, meminjam buku seperti yang kita ketahui sebelumnya. Perpustakaan bisa menjadi wadah sebagai sarana menyediakan fasilitas untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Kegiatan fasilitasi yang dilaksanakan perpustakaan Desa Lestari, adalah mengenai cara mengemas produk dengan baik dan benar. Kegiatan yang dilakukan selama dua kali dengan narasumber dan tempat berbeda, diikuti secara antusias oleh 10 pelaku usaha mikro.

Pengusaha mikro yang menghadiri kegiatan tersebut, antara lain Pengusaha klanting, peyek, kripik ketela, kripik tempe, ceriping pisang dan roti. Narasumber di pelatihan, yang pertama dari Desperindagkop bernama Sukimin di balai Desa Umbulrejo. Sedangkan untuk tahap pelatihan yang kedua, dilaksanakan di LIPI Playen Gunungkidul.

Kegiatan ini memberikan penjelasan terhadap pengusaha kecil, agar memiliki strategi cara pengemasan produk mereka dengan baik, menarik, dan memiliki daya jual. Peserta sangat antusias dan semangat untuk meningkatkan usahanya.

Salah satu peserta, Susilah, memberikan testimoni terhadap pelatihan yang ia ikuti. “Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena saya bisa lebih tahu cara pengemasan yang baik dan menarik. Dan saya juga sangat berterimakasih, karena mengikuti pelatihan ini, saya jadi tahu pisau untuk mengiris bongol yang saya produksi” ungkapnya.

Selain mendapat pengetahuan hal pengemasan produk yang mereka miliki, peserta diberikan pembelajaran oleh LIPI, dengan mengajak para peserta berkeliling melihat sekeliling LIPI, seperti cara produksi aneka produk, kegiatan peternakan yang sedang berlangsung, penerapan teknologi di bidang pangan, pertanian, obat herbal bidang bahan bakar dan lain sebagainya. (Gemma)

Komentar

Komentar