Penataan Pantai Nguyahan Dijadwalkan Selesai Maret

oleh -
iklan dispar
Penataan Pantai Nguyahan dilihat dari sisi timur. Foto : Kandar
Penataan Pantai Nguyahan dilihat dari sisi timur. Foto : Kandar

SAPTOSARI, (KH)– Pembangunan fisik dan penataan pantai Nguyahan yang dilaksanakan oleh Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari telah mencapai 75 persen. Pantai ini rencanaya akan dibuka dan diresmikan Bulan Maret mendatang.

Kepala Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Santoso mengungkapkan, penataan Pantai Nguyahan menggunakan dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), Pola Khusus Masterplan Percepatan dan Peluasan Pengurungan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI).

“Penataan pantai ini menggunakan anggaran dari APBN sebesar Rp. 920.910.000,” kata Santosa saat Wakil Bupati Gunungkidul meninjau pembangunan fisik di Pantai Nguyahan, Rabu Sore (28/1/2015).

Dia menjelaskan, pembangunan fisik yang dikerjakan, meliputi pembangunan 35 kios permanen untuk pedagang, serta jalan cor blok yang menghubungkan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan sepanjang 200 meter.

Meski jumlah kios yang dibangun jumlahnya belum sesuai dengan jumlah pedagang yang ada, Santoso optimis penataan akan berjalan lancar dan tidak akan timbul masalah dari para pedagang.

“Jumlah seluruh pedagang ada 45, kios yang kita bangun hanya ada 35. Untuk 10 pedagang lainya sudah kita sediakan lahan dan mereka siap membangun sendiri,” ucap Santoso.

Untuk mengatasi masalah sampah, Santosa mengaku akan membangun tempat sampah di wilayah tersebut sebagai tampungan akhir sementara. Agar tidak menimbulkan bau, sampah akan diambil menggunakan mobil sampah setiap seminggu sekali.

Sementara, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kanigoro atas pembukaan Pantai Nguyahan. Penataan yang dilakukan, diharapkan akan dapat menambah kunjungan wisata di Pantai tersebut.

“Saya optimis Pantai ini (Nguyahan) akan menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan serta mampu mengejar pantai lainya,” ungkap Immawan, sembari mendatangi lapak milik pedagang di seputar Pantai Ngobaran.

Immawan berharap, sebelum pembangunan infrastruktur diresmikan pada Bulan Maret, lapak pedagang yang menggunakan tenda-tenda, sementara dapat dibersihkan. Dengan demikian, usai penataan pada Bulan Juni dan Juli kawasan Pantai Nguyahan sudah dibanjiri wisatawan.

“Nanti juga akan kita usahakan pembangunan tempat ibadah, pos penjagaan Petugas Search And Rescue (SAR) dan fasilitas MCK akan segera dibangun,” katanya.

Sosialisasi kepada pedagang, lanjut Immawan, juga harus segera dilakukan. Orang nomor dua di Gunungkidul ini berharap penataan di Pantai Nguyahan yang terletak di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari ini akan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

“Sepertinya di pantai ini masih kesulitan masalah komunikasi, utamanya sinyal. Ini juga perlu dilakukan kerja sama dengan penyedia jaringan komunikasi.  Semoga, Hal-hal yang perlu dipenuhi akan segera dipenuhi,” katanya. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar