Janvink Stichting dan Kawan Sejalan Wujdukan Gedung Kesenian di Saptosari

oleh -2329 Dilihat
oleh
saptosari
Peresmian gedung kesenian di Saptosari. (istimewa)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Janvink Stichting asal Belanda dan Yayasan Kawan Sejalan mewujudkan gedung kesenian di Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

Lurah Kanigoro, Suroso mengatakan, bangunan gedung kesenian merupakan bantuan setelah kelompok seni Ngudi Laras menyampaikan proposal.

“Bantuan tersebut disampaikan masyarakat sejak dua tahun lalu melalui kelompok Kawan Sejalan Yogyakarta. Namun karena muncul COVID-19 bantuan baru diwujudkan tahun ini,” kata Suroso saat peresmian Rabu (21/9/2022).

Dia berharap, gedung kesenian menjadi sarana pelestarian dan pengembangan seni di Gunungkidul khususnya di Kalurahan Kanigoro.

Perwakilan Kawan Sejalan, Raja Saharudin mengatakaan, pembangunan gedung kesenian Kanigiro merupakan bantuan kepada kelompok seni Ngudi Laras. Kelompok seni ini saat ini didominasi orang tua.

“Kami berharap sebagai bentuk regenerasi keberadaan gedung kesenian mampu menarik minat anak muda sebagai untuk melanjutkan pelestarian seni dan budaya,” harap Raja Saharudin.

Diungkapkan, tidak hanya gedung seni, pada Tahun 2007 silam pihaknya juga pernah membangun gedung SMP. Namun, karena banjir, sekolah tersebut direlokasi dan diganti oleh pemerintah dengan gedung yang lebih megah.

Sementara itu, usai meresmikan gedung, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dalam sambutann mengucapkan terima kasih kepada Janvink Stichting, Belanda dan Kawan Sejalan yang telah mewujudkan gedung kesenian. Pihaknya berharap gedung tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga.

“Saya ucapkan terimakasih, semoga kerjasama yang baik ini tidak putus sampai disini. Untuk masyarakat tolong dijaga aset ini sebagai pusat perkembangan kesenian,” pesan dia.

Peresmian Gedung Kesenian Kanigoro ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Gunungkidul dan perwakilan dari Kawan Sejalan. Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan musik karawitan dari kelompok Ngudi Laras. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar