Pemuda Tani Desa Pampang Siap Buka Taman Edukasi Pertanian

oleh -
Kepala DPP, Ir. Bambang Wisnu Broto meninjau perssiapan launching Taman Edukasi Pertanian Desa Pampang. KH.
iklan dispar

PALIYAN, (KH),– Pemuda tani Desa Pampang, Paliyan, Gunungkidul, yang tergabung dalam Kelompok Tani Milenial Pampang menyulap lahan persawahan menjadi Taman Edukasi Pertanian.

Kamis, (16/1/2020) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), Ir.Bambang Wisnu Broto bersama jajarannya didampingi para Penyuluh BPP Paliyan, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Lurah Desa Pampang, Iswandi melakukan peninjauan persiapan launching Taman Edukasi Pertanian itu.

Ir.Bambang Wisnu Broto menyampaikan, kehadirannya untuk member dorongan penyemangat dan apresiasiasi terhadap kegiatan para pemuda tani milenial yang sangat kreatif dan inovatif. Dirinya juga siap menghadiri acara launching tersebut sabtu yang akan datang.

Ketua Pemuda Tani Milenial Pampang, Budi Susilo (43) didampingi Rohmat (29) menjelaskan, Taman Edukasi Pertanian nanti dilengkapi sekretariat dan tempat pertemuan untuk menerima tamu untuk memberikan penjelasan terkait pertanian.

Dilengkapi pula kamar mandi, kamar ganti pakaian, sarana sumber air, serta arena bermain out bond di lahan sawah. Beberapa diantaranya wahara permainan lempar bola, permainan ninja warior di air menggenang, permainan menangkap belut, dan sekaligus spot belajar menanam padi di Sawah dengan bibit padi yang sudah disiapkan.

“Sehingga nantinya anak-anak dari TK sampai SMA akan mengenal pertanian dan praktek langsung ke lahan pertanian,” kata Budi.

Direncanakan tarif masuknya sebesar Rp 15.000 per orang. Sebagai tambahan, pemuda tani milenial Pampang telah membuat situs blogspot dengan alamat : pampangsemangka.blogspot.com daengan tag line Pampang Tumandang.

Ditambahkan Rohmat, taman edukasi terinspirasi kesuksesan Agrowisata Semangka di Pampang pada tahun 2019. Pihaknya juga berencana  kembali menanam semangka dan berharap akan panen di 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Pampang, Iswandi sangat mendukung kegiatan pemuda tani milenial yang beranggotakan 30 pemuda itu. Dirinya siap memfasilitasi keberlanjutan Taman Edukasi Pertanian. “Kami berharap inovasi para pemuda tani milenial dapat menarik minat para pemuda lainnya untuk terjun dan membangun dunia pertanian di desanya,” harap Iswandi. (Kandar)

Komentar

Komentar