Pemkab Siapkan Undian 5 Unit Motor Bagi yang Bayar PBB Tepat Waktu

oleh -
Pajak
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan Ketua DPRD, Endah Subekti Kuntariningsih mengawali pembayaran PBB tahun ini. (Ist)
iklan golkar idup fitri

GUNUNGKIDUL, (KH),– Objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Gunungkidul tahun 2022 ini bertambah cukup banyak. Totalnya mencapai 3.500 objek pajak.

Kepala BKAD Gunungkidul, Sri Suhartanta menyampaikan, dengan bertambahnya jumlah objek pajak, pokok ketetapan PBB-P2 mengalami peningkatan sebesar Rp1.075.963.000.

“Tahun 2022 SPPT PBB-P2 Gunungkidul sejumlah 606.875 obyek pajak dengan nilai Rp26.518.165.000. Ada kenaikan. Tahun 2021 sejumlah 605.375 objek pajak dengan nilai Rp25.442.201.000,” kata Kepala BKAD, Sri Suhartanta, di TBG, Selasa (8/3/2022).

Dikatakan, kenaikan ketetapan PBB-P2 tahun ini berdasarkan adanya penyesuaian dari NJOP di beberapa wilayah obyek pajak. Pokok ketetapan sengaja dilaksanakan lebih awal untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Penyampaian SPPT-PBB-P2 lebih awal agar masyarakat bisa secepat mungkin dapat melakukan pembayaran PBB-P2 sampai dengan jatuh tempo pada 30 September 2022,” katanya.

Sri Suhartanta juga mengatakan, kegiatan panutan Pembayaran PBB-P2 merupakan sarana wajib pajak potensial, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, serta public figure untuk memberikan contoh atau teladan yang baik bagi masyarakat dalam pembayaran PBB-P2.

“Untuk mempermudah wajib pajak dalam melakukan kontrol bila terjadi penyalahgunaan setoran PBB-P2 oleh petugas, kita menggunakan tanda tangan elektronik dengan QR-Code. Ini merupakan pertama kali di Indonesia,” terang Sri Suhartanta.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta meminta seluruh petugas atau pengelola PBB-P2 berkerja secara bersungguh-sungguh dengan mengedepankan disiplin dan ketaatan terhadap ketentuan perundangan yang berlaku.

“Untuk memotivasi kepada wajib pajak agar pembayaran PBB-P2 tepat waktu sampai dengan jatuh tempo tanggal 30 September 2022, Pemkab Gunungkidul akan memberikan hadiah berupa 5 sepeda motor untuk 5 pemenang yang akan diundi, “ terang Bupati.

Bupati juga mengatakan taat membayar pajak, sama halnya dengan ikut berpartisipasi besar terhadap pembangunan di Gunungkidul dan Nasional.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih pada wajib pajak yang sudah menyelesaikan kewajiban tahun lalu,” ungkapnya.

Pembayaran panutan PBB-P2 2022 diawali oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto serta beberapa pengusaha di Gunungkidul. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar