Pemkab Gunungkidul Siapkan Dana 2,75 Milyar Awali Pembangunan Sirkuit

oleh -
Salah satu pembalap nasional asal Gunungkidul saat berlaga di kejuaraan balap motor IP di Lanud Gading. Foto: Prasetya.
iklan dispar
Salah satu pembalap nasional asal Gunungkidul saat berlaga di kejuaraan balap motor IP di Lanud Gading. Foto: Prasetya.

WONOSARI, (KH),– Tanah yang akan digunakan untuk membangun sirkut permanen balap sepeda motor di Gunungkidul disiapkan. Guna membebaskan lahan di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Pemkab Gunungkidul telah menyiapkan sejumlah dana.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertarung) Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti, saat ditemui dikantornya mengatakan, pihaknya telah menganggarkan dana dari APBD sebesar 2,75 milyar untuk membesakan tanah calon lokasi pembangunan sirkuit.

“Sosialisasi kepada warga masyarakat yang lahanya akan digunakan juga sudah dilakukan,” terangnya, Selasa, (26/9/2017) siang.

Rencananya, sirkuit balap akan dibangun di atas tanah dengan luas 4,7 hektar. Tanah tersebut terdiri dari 30 bidang yang dimiliki oleh 26 warga di Desa Pacarejo. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul saat ini juga telah mengumpulkan dokumen yuridis dari 26 orang warga yang tanahnya akan dibeli.

“Badan Pertanahan Nasional (BPN) nanti akan melakukan pengukuran usai pengumpulan data yuridis selesai,” imbuh Asti Wijayanti.

Pengukuran oleh BPN tersebut akan menjadi acuan terkait dengan penilaian harga tanah yang dialakukan oleh tim appraisal.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rosyid, berharap, pembangunan sirkuit balap permanen bertaraf nasional tersebut benar-benar dapat direalisasikan Tahun 2018 mendatang.

“Setelah pembelian tanah selesai, akan dilakukan pengajuan anggaran ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan sirkuit,” katanya. (Wibowo)

Komentar

Komentar