Pemkab Gunungkidul Peroleh Penghargaan APE Kategori Utama

oleh -
Bupati Gunungkidul, Badingah menerima penghargaan APE 2018. foto: Humas Bidang IKP.
iklan dispar
Bupati Gunungkidul, Badingah menerima penghargaan APE 2018. foto: Humas Bidang IKP.

GUNUNGKIDUL, (KH), — Dipenghujung tahun 2018 Pemkab Gunungkidul seolah dibanjiri penghargaan. Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S.Sos., kembali menerima penghargaan berskala nasional, yakni Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 untuk kategori utama. Sebelumnya ia juga menerima penghargaan yang sama di tahun 2016 dengan kategori madya.

Penghargaan diberikan atas penilaian komitmen dan implementasi kesetaraan gender dan pemenuhan hak-hak anak di berbagai sektor pembangunan. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 kategori Utama diserahkan langsung oleh Menteri  Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. Dr. Yohana Susana Yembise, M.A., di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Penghargaan APE diberikan atas dukungan kesetaraan gender dan pemenuhan hak anak. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pelaksana program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dari pusat ke daerah.

“Sehingga jajaran pemerintahan terdorong untuk meningkatkan program-program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” terang Yohana dalam sambutannya, Rabu (19/12).

Ada 159 Pemerintahan Tingkat Provinsi dan Kepala Daerah di Kabupaten/Kota di tambah Kementerian dan Lembaga, yang mendapatkan penghargaan tersebut. Ada 4 kategori pada setiap penghargaan yakni Pratama, Madya, Utama, dan Mentor.

Usai menerima penghargaan, Bupati, Badingah mengatakan, apresiasi tersebut harus dibuktian oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk meningkatkan partisipasi dan menjaga perempuan serta anak berada pada level aman, berkualitas dan mandiri.

Keberhasilan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Gunungkidul juga tak lepas dari upaya pemerintah dan seluruh elemen yang ada dalam melindungi hak-hak anak sebagai generasi penerus.

Pada kesempatan penerimaan penghargaan turut mendampingi Bupati diantaranya, Kepala DP3AKBPM&D, Drs. Sujoko, M.Si., beserta jajaran, Kepala Bagian Protokol dan Rumah Tangga Setda, Susilo Marwanta, dan Kepala Bidang IKP, Supriyanto, S.E., M.T.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DP3AKBPM&D, Sujoko, menyampaikan, prestasi ini adalah bentuk kerja sama dan kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Serta yang terpenting adalah komitmen tinggi Bupati dari sisi kebijakan, implementasi, dan partisipasi masyarakat harus berjalan bersama, dalam rangka pengarusutamaan gender di semua bidang pembangunan sehingga mendapatkan penghargaan APE peringkat Utama yang membanggakan.

“Penghargaan ini adalah perjuangan dan impian panjang yang didambakan seluruh Kabupaten/ Kota se-Indonesia,”

Dirinya berharap, jajaran Pemkab Gunungkidul tidak luntur semangatnya sehingga periode dua tahun yang akan datang mendapatkan peringkat tertinggi yaitu Anugerah Parahita Ekapraya kategori Mentor. (Kandar)

Komentar

Komentar