Pelatihan Emban dan Batu Mulia di Ponjong

oleh -
Pelatihan Emban dan Batu Mulia. Foto : Hari.
iklan dispar
Pelatihan Emban dan Batu Mulia. Foto : Hari.
Pelatihan Emban dan Batu Mulia. Foto : Hari.

PONJONG, (KH) — Rabu (7/1/2015) adalah hari ke 3 Pelatihan Emban dan Batu Mulia yang diadakan di Balai Padukuhan Sendang 2, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul.

Pelatihan Emban dan Batu Mulia ini dibuka  pada senin (5/1/2015) oleh Susilo Marwanto selaku Camat di Kecamatan Ponjong. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 5-10 Januari 2015.

“Acara ini terlaksana karena ada bantuan dari Gubernur DIY tahun 2014 kemarin dengan bantuan dana sebanyak 500 juta. Dengan dana yang lumayan banyak ini kami salurkan untuk pembuatan gedung galeri, pembelian alat kerajinan, modal usaha dan juga untuk pelatihan ,”papar Susilo Marwanto saat ditemui di kantornya.

“Saya harap dengan pelatihan ini, para pemuda bisa berkreasi dengan bahan baku yang melimpah di wilayah Ponjong,” tambah Susilo.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta. Karena jumlah peserta terbatas, pihak desa melakukan penunjukkan peserta. Tidak hanya laki-laki tapi juga ada beberapa perempuan, bahkan karena semangatnya ada salah satu peserta yang baru saja mengalami kecelakaan, tetap mengikuti acara pelatihan  ini.

Pelatihan  dimulai setiap pukul 08.30 WIB  sampai dengan 14.30 WIB dan sampai hari ke 3 ini antusias peserta masih tetap terjaga dengan tidak adanya peserta yang absen. Antusias yang tinggi ini menunjukan bahwa rasa ingin tahu peserta terutama terhadap emban dan batu mulia sangat bagus.

“Untuk 3 hari ini kami fokuskan di Emban , soalnya kami masih awam soal embannya , dan untuk pelatihannya tidak melulu dengan teori tapi lebih banyak ke prakteknya,” ujar Supardi selaku Dukuh Sendang 2.

“Semoga dengan pelatihan ini masyarakat bisa mulai menghargai potensi alam di sini, karena masih banyak yang belum bisa memanfaatkan bahan-bahan yang melimpah,” pungkas Supardi.(Hari)

Komentar

Komentar