Pajak Bertutur 2021 Gunungkidul: KPP Pratama Wonosari Kenalkan Pajak Pada Generasi Muda

oleh -
kpp pratama wonosari
Pajak Bertutur 2021: KPP Pratama Wonosari menggelar agenda 'Pajak Bertutur' yang diikuti pelajar dan guru SMP N 1 Nglipar. (dok. KPP Pratama Wonosari)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wonosari pada hari Rabu, 25 Agustus 2021 yang lalu telah sukses menggelar kegiatan dengan tajuk “Pajak Bertutur” yang diikuti oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Nglipar, Gunungkidul beserta wali kelas serta kepala sekolah secara daring dengan total peserta sebanyak 166 orang. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang telah 5 (lima) tahun terakhir rutin diadakan secara serentak nasional.

Pajak Bertutur tahun 2021 ini bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, sehingga temanya juga disesuaikan, yaitu “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara” dengan tagline “Sehari Mengenal, Selamanya Bangga”.

Agenda tersebut diikuti oleh 626 unit kerja vertikal di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), lebih dari 600 sekolah dan Perguruan Tinggi dengan jumlah peserta lebih dari 18.000 orang.

Dalam sambutannya Kepala KPP Pratama Wonosari, Veronica Heryanti, menyampaikan bahwa program pajak bertutur ini sasarannya adalah para siswa siswi sekolah mulai dari SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi.

“Program ini tentunya sangat bermanfaat untuk menanamkan wawasan mengenai pentingnya pajak bagi kehidupan bangsa dan negara. Diharapkan para peserta yang nantinya akan menjadi calon wajib pajak dapat mengetahui tujuan dari pembayaran pajak yang disetor ke negara serta memahami manfaat pajak untuk keberlangsungan pembangunan maupun pemerintahan suatu Negara,” papar Veronica Heryanti.

Pihaknya menyampaikan, pajak menyumbang porsi terbesar yaitu 80% dalam Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN) dibanding sumber penerimaan lain. Manfaat pajak tidak diterima langsung oleh masyarakat seperti retribusi karena uang pajak dialokasikan untuk membiayai kegiatan pendidikan, insfrastuktur, kesehatan dan lain sebagainya.

“Saat ini masyarakat menikmati vaksin akibat pandemi covid-19 secara gratis itu juga bersumber dari penerimaan pajak,” imbuh Veronica.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Nglipar, Agus Maryanto, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih karena siswa siswinya telah diberi kesempatan untuk mengikuti program pajak bertutur ini.

“Harapannya para siswa SMP Negeri 1 Nglipar dapat memahami pentingnya pajak sejak dini. Tentunya menjadi bekal bermanfaat kelak kemudian hari dan menjadi Wajib Pajak yang taat.

kpp pratama wonosari
Siswa dan guru mengikuti Pajak Bertutur yang digelar KPP Pratama Wonosari. (dok. KPP Pratama Wonosari)

Peserta terlihat sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan team penyuluh KPP Pratama Wonosari. Mereka menjadi lebih faham bahwa bela negara tidak hanya diwujudkan dengan berperang, tetapi sebagai pelajar tugasnya adalah belajar dengan rajin dan setelah dewasa nanti dapat berperan serta dalam pembangunan dengan menjadi Wajib Pajak yang patuh.

Kegiatan tersebut semakin semarak dengan adanya game-game interaktif yang berkaitan dengan materi, pre-test dan post-test serta sesi tanya jawab yang bertebaran dengan hadiah menarik sebagai wujud apresiasi. Panitia juga menantang peserta untuk perpartisipasi dalam twibbon challenge melalui akun instragram KPP Pratama Wonosari di @pajakwonosari yang pengumuman pemenangnya diposting hari Jum’at, 27 Agustus 2021 kemarin. (red)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar