‘Lapak Si Jum’, Program Layanan Pemungutan Pajak Keliling di Gunungkidul

oleh -3611 Dilihat
oleh
Pajak
Launching program Lapak Si Jum. (dok. Kominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Masyarakat di Kapanewon Semanu, Gunungkidul akan dilayani dengan cara berbeda dalam membayar pajak. Petugas menggunakan mobil akan datang dan menjemput uang PBB P2.

Program telah dilaunching pada Senin, (13/3/2023) lalu oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Dia mengapresiasi inovasi yang digagas pihak kapanewon itu. Program nanti yang akan menyasar seluruh kalurahan di Kapanewon Semanu.

“Harapan saya ini menjadi percontohan kapanewon lain yang ada di Gunungkidul dalam peningkatan PBB P2,” kata Bupati.

Orang nomor satu di Gunungkidul ini juga mengatakan, perlu promosi serta publikasi sehingga Lapak Si Jum dapat dikenal oleh masyarakat. Dengan sosialisasi, masyarakat di 5 kalurahan di Kapanewon Semanu dapat segera mengetahuinya.

“Sudah tidak ada alasan lagi tidak membayar pajak. Sekarang lebih dekat, efisien dan mudah ,” tandas Sunaryanta.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga meresmikan Badan Usaha Milik Kalurahan Ngeposari. Pemerintah Kalurahan membuka Bumkal dengan unit usaha persewaan alat pertanian dan minimarket.

Panewu Semanu, Emmanuel Krisno Juwoto mengatakan, inovasi ini sebagai upaya pelayanan kepada masyarakat yang efisien, efektif, cepat dan akurat. Lapak Si Jum diharapkan menjadi solusi yang memudahkan masyarakat terkait pembayaran PBB P2.

“Masyarakat dapat secara disiplin membayar PBB P2 tepat waktu. Pajak ini masih menjadi penyumbang PAD terbesar yang akan digunakan untuk pembangunan di Gunungkidul,” jelasnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar