Rotasi Jabatan Pemkab Gunungkidul: Berikut 11 Pejabat yang Tempati Posisi Baru

oleh -
pemkab gunungkidul
Pelantikan pejabat baru di jajaran Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul. (dok. Humas Pemkab Gunungkidul)
iklan golkar Gunungkidul

WONOSARI, (KH),– Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengambil sumpah dan jabatan 11 pejabat eselon II yang menempati posisi baru di Pemerintahan Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (28/8/2021) di ruang rapat Handayani.

Penataan atau rotas jabatan yang dilakukan tersebut berdasar pada SK Bupati No. 59/UP/KEP.D/D4 Tentang pengangkatan dalam jabatan tinggi Pratama Pegawai Negeri sipil Pemerintahan Gunungkidul.

Meski sempat muncul rumor mutasi jabatan mendapat intervensi, Sunaryanta mengklaim keputusan itu telah sesuai dengan proses dan prosedur.

Pihaknya berharap pejabat yang menempati jabatan baru dapat bekerja mengemban tugas sebaik mungkin.

“Dibuthkan masa transisi cepat guna memaksimalkan kinerja dalam peran pembangunan Gunungkidul melalui berjalannya birokrasi yang baik,” kata Sunaryanta.

Disampaikan, mutasi dan rotasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi pemerintahan demi tuntutan organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.   Oleh sebab itu menurut sunaryanta, jabatan yang diberikan  harus disyukuri dan hendaknya dapat dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan, serta prestasi dalam bekerja.

Menyikapi dinamika organisasi dan sumber daya manusia (SDM) ASN dalam organisasi perangkat daerah, pihaknya merasa perlu mengambil kebijakan untuk melakukan rotasi bagi para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Upaya ini dilakukan semata-mata karena pertimbangan urgensinya, diantaranya karena adanya sejumlah jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di OPD-OPD yang belum terisi, sehingga harus ditempatkan pimpinan yang akan “menakhodai” OPD dalam melaksanakan program-program strategis guna mendukung terwujudnya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,” imbuh dia.

Di sisi lain, sambungnya tuntutan perlunya penempatan sosok pimpinan tinggi pratama yang tepat, memiliki kompetensi dan komitmen yang kuat dalam melaksanakan program strategis OPD, untuk mendukung tercapainya visi dan misi Pemerintah Kabupaten  Gunungkidul.

“Kepada para pejabat terlantik, saya mohon menerima amanah ini dengan penuh integritas dan tanggungjawab melalui pencapaian kinerja terbaik,” pesan Sunaryanta.

Purnawirawan TNI AD ini meminta pejabat baru bersikap optimis dan positif dalam mengemban amanah, sehingga dapat bekerja dengan baik dan fokus untuk mencapai tujuan organisasi maupun visi misi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Akan ada banyak kendala dan problem-problem yang cukup kompleks yang harus dihadapi OPD, mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19. Maka Sunaryanta meminta program-program strategis OPD, agar dapat dilaksanakan sesuai target, sehingga akan sangat menentukan keberhasilan dalam penanganan dan pemulihan kondisi sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. terlebih di sektor-sektor yang selama ini mengalami dampak Pandemi cukup berat, seperti pariwisata, perdagangan, hingga sektor jasa.

Sekretaris Daerah Ir.Drakad Ruswandono di temapt terpisah senada dengan yang disampaikan Bupati, bahwa jabatan adalah hal yang biasa dalam birokrasi pemerintahan.

“Jabatan tidak diminta, tapi pasti akan diberikan sesuai dengan dedikasi, integritas, prestasi, kapasitas dan loyalitas,” tukas Drajad.

Adapun nama-nama 11 pekabat yang dirotasi ke jabatan baru sebagai berikut:

  1. Drs Sigit Purwanto, jabatan lama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, jabatan baru Asisten Administrasi Umum.
  2. Drs Sujarwo Msi, jabatan lama inspektur daerah, jabatan bdaru kepala DP3AKBPMD.
  3. Ir Eddy Praptono Msi., jabatan lama Kepala DPUPRKP, jabatan baru Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan.
  4. Dra Siwi Irianti Msi., dan Pembangunan jabatan lama Kepala Dinsos, jabatan baru asisten Pemerintahan dan Kesra
  5. Ir Asti Wijatanti MA, jabatan lama Kepala Dispar, jabatan baru Kepala Dinsos
  6. Drs Agus Hartadi Msi., jabatan lama Sekretaris DPRD Gunungkidul, jabatan baru Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik
  7. Drs Wahyu Nugroho Msi, jabatan lama Kepala Dishub, jabatan baru Kepala Diskominfo
  8. Kelik Yuniantoro S.Sos., MM., jabatan lama Kepala Diskominfo, jabatan baru Kepala Disperindag
  9. Johan Eko Sudarto S.Sos., MH., jabatan lama Kepala Disperindag, jabatan baru Kepala Badan Kesbangpol.
  10. Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani SH., Satf Ahli Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan SDM, jabatan baru Asisten Perekonomian dan pembangunan
  11. Hery Sukaswadi MH., jabatan lama Staf Ahli Bidang Hukun dan Politik, jabatan baru Sekretaris DPRD Gunungkidul.

(Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar