Optimalkan Fungsi Perpustakaan, DPK Gelar Bimtek Pengelola Perpus

oleh -
Pelaksanaan Bimtek pengelolaan perpustakaan di aula DPK Gunungkidul. KH/ Kandar
iklan dispar
Pelaksanaan Bimtek pengelolaan perpustakaan di aula DPK Gunungkidul. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH),– Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pengelola perpustakaan. Kegiatan bimtek kepada 40 pengelola perpustakaan diselenggarakan selama tiga hari, 2-4, Mei 2017.

PPPTK Bidang Perpustakaan DPK Gunungkidul, Drs. Rudianto memaparkan, tujuan diadakannya bimtek diantaranya untuk memberikan pemahaman dan wawasan bagi pengelola terkait kebijakan, manajemen dan teknik pengelolaan perpustakaan.

Selain itu, kegiatan yang diselenggarakan di aula DPK juga bertujuan untuk memberikan motivasi bagi pengelola agar mampu memfasilitasi, melakukan promosi dan kerjasama/ kemitraan perpustakaan dalam rangka pengembangan perpustakaan yang berkelanjutan.

“Serta untuk mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan sebagai salah satu sumber dan tempat belajar sepanjang hayat yang menarik, kreatif, inovatif dan rekreatif guna meningkatkan gerakan minat masyarakat,” jelas Rudiyanto, Kamis, (4/5/2017).

Sementara itu, salah satu pemateri dari pustakawan ahli DPK, Agung Wibawa, SIP. Mengutarakan, terkait materi yang diberikan mengenai ‘Otomasi Perpustakaan’ lebih menekankan pada bagaimana pengelolaan sebuah perpustakaan.

Menurutnya, sistem pelayanan perpustakaan yang sudah terotomasi banyak memberikan kemudahan. Pengelolaan khususnya pada pelayanan berbasis komputer memberikan efektifitas waktu dan beban kerja yang lebih ringan.

“Di perpusdes sudah diberikan bantuan komputer berikut sistem otomasinya berupa program SLiMS. Aplikasi ini sudah digunakan oleh perpus seIndonesia,” ujarnya.

Manfaat yang didapat diantaranya mengenai kemudahan bagaimana mengelola koleksi buku, melayangkan atau meminjamkan buku, membuat kartu anggota, pembuatan katalog, serta kemudahan dalam pencarian buku. Baik petugas perpus maupun pengunjung sangat terbantu dengan sistem dan program aplikasi SLiMS. (Kandar)

Komentar

Komentar