Olahan Hasil Pertanian Asal Rejosari Diterima Swalayan

oleh -
pertanian
Bupati Gunungkidul, Sunyanta melihat poduk berbahan baku hasil pertanian bikinan KWT Agung Rejeki Bedil Wetan, Rejosari, Semin. (dok. Diskominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Produk berbahan hasil pertanian Kelompok Wanita Tani (KWT) Agung Rejeki di Bedil Wetan, Rejosari, Semin, Gunungkidul diterima pasar modern. Selain masuk diterima swalayan, aneka produk yang dihasilkan juga diterima toko oleh-oleh.

Guna menunjang proses produksi, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi DIY melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan berupa bangsal pasca panen dan pengolahan komoditas hortikultura.

Ketua Kelompok Wanita Tani Agung Rejeki Bedil Wetan Ngatinem menjelaskan, bantuan ini dimanfaatkan guna menundukung proses pengolahan hasil pertanian jenis hortikultura.

Dengan dijual menjadi produk siap konsumsi, hasil pertanian menjadi bernilai jual lebih tinggi.

“Produk hasil olahan kita sudah dipasarkan di swalayan dan toko oleh-oleh, produk juga kita jual secara online,” terangnya saat peresmian penggunaan bangsal pasca panen oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, Kamis (11/1/2024).

Berkat bantuan ini, ia dan kelompoknya sangat terbantu. Berkat fasilitas alat yang diberikan dapat mempermudah dan mempercepat proses produksi.

Lurah Rejosari, Sunarto mewakili masyarakat Rejosari mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan. Atas bantuan yang diterima, dia yakin kelak dapat meningkatkan produktifitas UMKM di wilayahnya, utamanya yang dijalankan KWT Agung Rejeki.

“Bantuan rumah produksi yang modern ini dapat bermanfaat dalam pengolahan produksi,” kata Sunarto saat memberikan sambutan.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta selain meresmikan penggunaan bangsal pasca panen tersebut juga menyerahkan secara simbolis bantuan alsintan kepada beberapa kelompok tani.

“Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat, bangsal ini menjadi satu-satunya di Gunungkidul. Jadi, mohon dijaga dan dirawat, dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi,” kata Bupati saat memberikan sambutan.

Saat mengunjungi hasil produk olahan, Sunaryanta menilai kemasan produknya pun sudah cukup menarik dan layak jual. Dengan ijin pemasaran produk yang telah dipegang, Bupati berharap, jangkauan pasar nanti dapat lebih luas lagi, bahkan sampai luar Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut, Alsintan yang diserahkan kepada para kelompok tani diantaranya Hand Sprayer dan Hand Traktor. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar