Nelayan Pantai Baron Tangkap Ikan Pari Raksasa

oleh -
ikan pari ditarik dengan menggunakan jip. Foto : Juju.
iklan dispar
ikan pari ditarik dengan menggunakan jip. Foto : Juju.
ikan pari ditarik dengan menggunakan jip. Foto : Juju.

TANJUNGSARI, (KH) — Nelayan Pantai Baron, Gunungkidul menangkap ikan pari ukuran sangat besar atau “raksasa”. Ikan Pari dengan berat 300 kilogram dan lebar hampir 1,5 meter ini ditangkap oleh keluarga nelayan, Dwi Firmantoro, Eko Susanto dan Saguh, Senin (30/3/2015) sekitar pukul 12.00 WIB.

Dwi Firmanto salah satu nelayan menjelaskan, ikan pari ukuran besar ini terperangkap di dalam jaring yang dia pasang pada jarak 3 mil dari bibir pantai. Ketika akan menarik jaring, tiba-tiba ketiganya dikagetkan dengan gerakan ikan besar yang masuk dalam perangkap jaring yang dia pasang.

Dengan cepat, ketiga nelayan ini langsung menarik jaring yang panjangnya hampir mencapai 2 kilometer. Agar ikan tidak lepas, perlawanan terus diberikan. Akhirnya ikan tersebut lemas dan dapat dengan mudah ditarik menggunakan kapal hingga bibir pantai.

Karena ikan sangat besar, ikan yang sudah berada di pinggir pantai harus ditarik menggunakan mobil jip sampai pada Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Penangkapan ikan berukuran besar ini juga menarik perhatian wisatawan. Beberapa wisatawan yang berkunjung di Pantai Baron mengabadikan moment tersebut dengan kamera handphone.

“Kita berangkat melaut pagi tadi pukul 04.00 WIB. Sekitar jam 12.00 WIB saat akan menarik jaring, tiba-tiba ada pergerakan ikan besar, ternyata ikan pari raksasa ini nyangkut dijaring,”ungkap warga Sumuran, Tanjungsari ini disela¬† melakukan evakuasi ikan di tepi pantai.

Dwi mengungkapkan, setelah berhasil ditarik menggunakan mobil hingga TPI. Rencananya ikan tersebut akan langsung di potong-potong dan dijual. “Akan langsung kita jual, biasanya harganya 10.000 ribu per kilonya,” ucapnya.

Sementara Sekretaris Search And Rescue (SAR) Pantai Baron, Surisdiyanto mengungkapkan, penangkapan ikan raksasa itu bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya nelayan setempat juga menangkap ikan dengan jenis serupa, tetapi memiliki berat hampir 1 ton. “Dulu pernah ada nelayan yang menangkap lebih besar lagi,” katanya. (Juju)

Komentar

Komentar