Harga Kambing Turun Blantik Mengaku Merugi

oleh -
Suasana pasa kambing Playen. Atmaja
iklan dispar
Suasana pasa kambing Playen. Atmaja
Suasana pasa kambing Playen. Foto : Atmaja

PLAYEN, (KH) — Harga kambing di pasar Playen mengalami penurunan drastis. Turunnya harga kambing sudah terjadi sejak tiga bulan yang lalu.

Selain faktor pakan ternak yang saat ini mudah ditemui, sepinya pembeli juga menjadi salah satu penyebab penurunan harga jual kambing. “Harga kambing turun drastis mulai dari Rp 300 – 500 ribu,” ucap Karnoto salah seorang blantik asal Padukuhan Tunggul, Desa Semanu.

Akhir-akhir ini Karnoto mengaku rugi, karena harga jual kambing yang belum stabil. Anjloknya harga kambing tidak hanya terjadi di pasar Pon Playen namun di beberapa pasar hewan seperti Siyonoharjo dan pasar hewan Munggi Semanu mengalami hal yang sama.

“Saya datang sejak pukul 05.30 WIB dengan membawa 6 ekor kambing dagangan, namun hanya terjual 3, itupun agar saya tidak rugi menyetok dagangan dalam waktu lama,” ungkapnya.

Harga kambing indukan betina yang harga sebelumnya mencapai Rp 1,3 juta, saat ini hanya bisa laku terjual Rp 600-700 ribu. Sedang untuk kambing jantan mengalami penurunan antara Rp 250-300 ribu.

Hal yang sama dirasakan oleh Mijan (54) blantik sapi asal Ngasemrejo, Ngawu, Playen yang mengaku sudah dua kali pasaran harus membawa pulang kambing dagangannya karena belum laku terjual. “Harga yang turun ditambah sepinya pembeli menyusahkan para blantik,” ujarnya.

Pada pasaran Pon kali ini Mijan hanya berhasil menjual satu ekor kambing yang tidak laku terjual selama dua kali pasaran.
Penurunan harga kambing ini diprediksi sampai pada bulan Mei.

“Pada tahun 2014 yang lalu, bahkan sampai akhir Bulan Mei harga jual kambing makin menurun. Para blantik tidak lagi memikirkan keuntungan yang tinggi, sebab berhasil menjual kambing pada saat ini sudah bersyukur,” tandasnya.(Atmaja)

Komentar

Komentar