MK YAPPI Kirim Pertukaran Pelajar dan Guru ke Thailand

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YAPPI Wonosari mengikuti kegiatan pertukaran pelajar dan guru di Thailand. Kegiatan pertukaran pelajar dan guru tersebut bekerjasama dengan Chana Technical Colege di Songkhla Thailand.

Kegiatan pertukaran pelajar dan guru berlangsung selama 10 hari. Drs. Mustangid, M.Pd Kepala Sekolah SMK YAPPI Wonosari menjelaskan, sejumlah 2 orang guru yaitu Endang Utami dan Hari Sumarsono serta 5 orang pelajar SMK YAPPI Wonosari yaitu Tika Kurniasih, M. Kidwayoda, Dewo Katon, Fauzi Ahmad P dan Arom Akmala keseluruhan siswa saat ini duduk di kelas XI berangkat ke Thailand Senin (16/6/2014) kemarin.

Lanjut Drs. Mustangid, M.Pd, kegiatan pertukaran palajar dan guru di Gunungkidul hanya diikuti oleh 2 sekolah dan salah satunya adalah SMK YAPPI Wonosari. Pertukaran pelajar dan guru merupakan kegiatan pertukaran karakter belajar meliputi; kedisiplinan siswa dan guru, budaya, bahasa, wisata serta belajar keilmuan yang relevan.

“Kegiatan pertukaran pelajar dan guru ke Thailand ini sudah dua kali kita ikuti. Kegiatan  tersebut dibiayai mandiri oleh sekolah dan siswa. Mereka kita didik untuk benar-benar menyerap ilmu baik di sekolah maupun di masyarakat, sehingga selama kegiatan di Thailand siswa tidak kita tempatkan di hotel tetapi kita titipkan di rumah penduduk,” jelasnya Selasa (17/6/2014).

Drs. Mustangid, M.Pd menyampaikan, dari kegiatan pertukaran pelajar dan siswa tersebut diharapkan peserta memiliki wawasan global, bisa melihat dunia kerja jauh keluar tidak terkekang hanya di Gunungkidul atau DIY. Meskipun kualitas pendidikan di Thailand tak sebagus di Jepang atau Korea namun di kancah internasional Thailand mampu tampil percaya diri.

“Untuk peserta dari Thailand sejumlah 2 guru dan 4 pelajar telah selesai melaksanakan kegiatan pertukaran pelajar dan guru di SMK YAPPI Wonosari pada bulan Mei lalu,” pungkas Drs. Mustangid, M.Pd. (Hery_Fosil/Redaksi)

Komentar

Komentar