Longsor, Akses Jalan di Gunungkidul Tertutup

oleh -
iklan golkar idup fitri

GUNUNGKIDUL, (KH),–Musibah tanah longsor terjadi Selasa, (15/2/2022) malam di wilayah Pedukuhan Jelok, Kalurahan Watugajah, Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul.

Kepala Seksi Pencegahan, Kesiapsiagaan Rehabilitasi, dan Rekonstruksi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Agus Wibawa menginformasikan material longsor berupa tanah dan batu besar menutup akses jalan kabupaten di wilayah itu.

“Dimensi tebing yang longsor setinggi 8 meter dan lebar 4 meter,” kata Agus Rabu, (16/2/2022).

Setelah mendapat laporan, anggota BPBD terutama Tim Reaksi Cepat (TRC) memasang rambu dan tanda agar pengendara tidak melintas. Selanjutnya koordinasi upaya evakuasi dilakukan bersama pemerintah kalurahan dan warga sekitar.

Hari ini proses pembersihan dan evakuasi material longsor tengah dilakukan. Pihak BPBD menghimbau warga untuk mewaspadai longsor susulan.

“Titik yang longsor merupakan tebing atau tanah dan batuan padas yang kemungkinan besar labil. Lokasinya persis di sisi jalan,” ungkap Agus.

Penanganan material longsor tersebut diperkirakan selesai dalam tiga hari. Akses yang tertutup merupakan lintasan warga dari padukuhan setempat ke ibu kota kapanewon. Selama material longsor dibersiahkan, warga yang hendak bepergian melewati Kalurahan Watugajah naik bukit Clongop. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar