Lokakarya 7, Guru Penggerak Tampilkan Karya ‘Aksi Nyata’

oleh -24 Dilihat
oleh
guru penggerak
Stand guru penggerak ramai dikunjungi. (dok. ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),–  Calon Guru Penggerak se-DIY menggelar Lokakarya 7 di SMAN 1 Karangmojo Kabupaten Gunungkidul, belum lama ini. Lokakarya diantaranya diisi pameran stand yang menampilkan karya ‘aksi nyata’ calon guru penggerak yang tengah mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9.

Perwakilan Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Nur Faturrahman menyampaikan, guru penggerak yang terlibat mencapai 719 guru. Mereka berasal dari kabupaten kota se- DIY.

“Temanya ‘Festival Panen Hasil Belajar’. Ada 17 Stand dari calon Guru Penggerak angkatan 9,” terangnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, kegiatan PGP telah dilaksanakan selama 6 bulan dengan metode daring, lokakarya maupun pendampingan secara individu.Prosentasenya, 70% belajar di tempat kerja, 20% dengan sejawat, dan 10% bersama narasumber.

Dalam Lokakarya juga diselenggarakan pentas seni siswa dan talkshow berbagi ilmu dan pengalaman antar guru penggerak.

“Program PGP bertujuan untuk memberikan bekal kepada pendidik agar mampu mengembangkan pembelajaran bersama peserta didik lebih aktif serta merangsang munculnya keterampilan,” jelas Nur.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati mengutarakan, di Gunungkidul ada 301 guru kategori Guru Penggerak dan Calon Guru Penggerak. Adapun yang terjun dalam lokakarya dengan menampilkan karya ada 98 calon guru penggerak dan 14 guru praktek.

‘Terimakasih telah memberikan bimbingan kepada rekan-rekan Calon Guru Penggerak Kabupaten Gunungkidul,” ujarnya.

Nunuk menambahkan, apabila telah berstatus sebagai guru penggerak, ia berharap para guru segera mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama Pendidikan. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar