KPAD Gunungkidul Gelar Lomba Menulis Dan Bercerita

oleh -
Penyerahan pemenang lomba bercerita KPAD tahun 2015 lalu. KH/ Kandar
iklan dispar
Penyerahan pemenang lomba bercerita KPAD tahun 2015 lalu. KH/ Kandar
Penyerahan pemenang lomba bercerita KPAD tahun 2015 lalu. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH)— Dalam rangka meningkatkan minat baca dan menulis bagi masyarakat, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Gunungkidul akan menyelenggarakan lomba menulis dan bercerita.

Disampaikan Kepala KPAD Gunungkidul, Ali Ridlo MM, lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu lomba bercerita untuk jenjang SD/ MI lalu lomba bercerita kategori mahasiswa dan umum.

“Ada satu lagi yaitu lomba menulis cerita rakyat Gunungkidul untuk kategori siswa SMA, Mahasiswa dan Masyarakat umum,”katanya beberapa waktu lalu.

Hal ini diaksanakan sebagai upaya penumbuhan minat dan budaya baca dimasyarakat, selain itu untuk memunculkan penulis-Penulis Gunungkidul dan kearifan lokal yang tersembunyi dalam sejarah ataupun cerita-cerita rakyat terkait Gunungkidul yang selama ini belum diangkat dan terekspos sebagai tambahan sumber referensikhasanah cerita rakyat nusantara.

Selain mendapat hadiah uang pembinaan, khusus untuk lomba menulis, karya yang mendapat juara direncanakan akan diterbitkan kedalam sebuah buku. Hadiah masing-masing kategori untuk juara 1 akan mendapat Rp. 1 juta, juara 2 mendapat Rp. 750 ribu, juara 3 dan 4 masing-masing Rp. 500 ribu dan Rp. 400 ribu.

“Lomba dilaksanakan awal Mei ini hingga bulan Juni, Mengenai persyaratan dan mekanisme lomba dapat dilihat di website kpad.gunungkidulkab.go.id,” terang Prihastuti Setyaningsih, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) menambahkan.

Dapat juga, lajut dia, menghubungi panitia penyelenggara di sektretariat KPAD Gunungkidul Jl. Kolonel Sugiyono No. 35. Wonosari, atau menghubungi cp untuk kategori lomba bercerita jenjang SD/MI, sekaligus kategori Mahasiswa dan MAsyarakat umum di nomor 08773869 (Sdr Yanti) dan 082134138789 (Yuni), sedangkan untuk lomba menulis cerita rakyat di nomor 087738622400 (Purwati). (Kandar)

Komentar

Komentar