Korban Impes Mulai Bermunculan, Wisatawan Pantai Diminta Hati-Hati

oleh -
Wisatawan terkena sengatan Impes. insert: wujud Impes atau physalia physalis. KH
iklan dispar
Wisatawan terkena sengatan Impes. insert: wujud Impes atau physalia physalis. KH

TANJUNGSARI, (KH),– Impes (physalia physalis) atau yang biasa disebut ubur-ubur mulai bermunculan di pantai selatan. Petugas Search And Rescue (SAR) telah mengeluarkan peringatan kepada wisatawan untuk lebih berhati-hati kala bermain air laut.

“Sebenarnya, meskipun sering disebut ubur-ubur, tetapi impes bukanlah termasuk ubur-ubur. Biota laut ini beracun, sengatannya dapat membahayakan kesehatan wisatawan,” kata Sekertaris SAR Satlinmas Wilayah II Baron, Surisdiyanto, Senin, (31/7/2017).

Menurutnya, impes yang terdampar di pantai selatan diakui belum begitu banyak. Akan tetapi korban sengatannya mulai bermunculan sejak beberapa hari yang lalu.

“Hari Minggu kemarin ada lima korban terkena sengatan impes,” imbuhnya.

Jelas Suris, impes biasanya muncul pada bulan Juli hingga September, utamanya pada kondisi cuaca yang dingin. Seandainya saja masih ada hujan yang turun, impes tidak muncul di permukaan air. Impes dapat sampai di pantai atau pasiran karena terbawa angin dan ombak ke pinggir.

Pihaknya menghimbau kepada wisatawan yang terlanjur terkena sengatan untuk tidak panik. Langkah pertama untuk meminimalisir akibat yang serius yakni dengan membasuhnya dengan air hangat atau air tawar.

“Bisa juga dibasuh pakai alkhol atau asam cuka. Bila terjadi sesak nafas atau perut segera hubungi dokter terdekat di puskesmas atau rumah sakit,” terang Surisdiyanto. (Kandar)

Komentar

Komentar