Kontingen dari 18 Kapanewon di Gunungkidul Tampil pada Festival Langen Carita 2022

oleh -1755 Dilihat
oleh
Langen carita
Festival Langen Carita diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul. (Istimewa/ Kominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Bupati Gunungkidul, Sunaryanta membuka festival Langen Carita 2022 di Taman Budaya Gunungkidul (TBG). Festival tersebut digelar oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul dan diikuti perwakilan dari 18 kapanewon.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul, Agus Mantara menyampaikan, Langen Carita adalah cerita dan legenda Jawa yang dirangkum dan ditampilkan dalam bentuk tembang serta dialog. Cerita itu ditampilkan seperti pertunjukan teater.

“Kegiatan ini sebagai upaya pelestarian budaya lokal di tengah perkembangan jaman,” kata Agus, Selasa (12/7/2022) usai pembukaan.

Festival, kata dia, menjadi bagian upaya mempertahankan keberadaan cerita jawa yang diekspresikan melalui dolanan anak, yang ditampilkan pula dalam bentuk tembang sekaligus joget. Festival tersebut digelar juga guna menyongsong dasawarsa Keistimewaan Yogyakarta.

Lebih jauh disampaikan, festival menjadi media berekspresi pelaku seni agar mereka termasuk masyarakat lebih memahami dan mencintai potensi seni budaya diantaranya seni tari dan seni karawitan.

“Dari 18 penyaji akan diambil 5 pememang, sementara penyaji terbaik akan mewakili Gunungkidul pada festival tingkat provinsi,” imbuh Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengapresiasi sekaligus berharap, agenda serupa bisa ditampilkan atau dihadirkan di tengah masyarakat.

“Kami berharap kecintaan masyarakat terhadap kesenian daerah seperti cerita lokal semakin tumbuh,” harap Sunaryanta.

Festival Langen Carita yang digerlar terpusat di pendapa TBG itu akan berlangsung dari 12-14 Juli 2022. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar