Kerjasama Bappeda-UGKY Menelurkan Buku ‘Inventarisasi Makanan Tradisional Gunungkidul’

oleh -
Penyerahan buku hasil penelitian BAPPEDA-UGKY ke Dispussip Gunungkidul. (KH)
iklan dispar

WONOSARI, (KH),–  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Gunungkidul dan Universitas Gunung Kidul Yogyakarta (UGKY) mengadakan kerjasama penelitian. Dari kerjasama yang dimulai tahun 2018 itu menelurkan sebuah buku.

Buku yang kemudian diberi judul ‘Inventarisasi Makanan Tradisional Gunungkidul’ hari ini, Senin, (6/7/2020) dipersembahkan kepada Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Dispussip) Gunungkidul.

Dosen sekaligus peneliti UGKY, Catarina Wahyu DP, S.E., M.Pd., usai penyerahan menyampaikan harapan, buku tersebut dapat menambah koleksi dan referensi di Dispussip Gunungkidul.

“Semoga menjadi sumbangsih dari kami bagi semangat dan budaya literasi di Gunungkidul,” harap Catarina disela penyerahan buku di Dispussip Gunungkidul.

Pihaknya mengatakan, selain menghasilkan buku, sebelumnya pada 2019 penelitian yang dilakukan juga menjadi referensi pembuatan Surat Edaran (SE) Bupati Gunungkidul tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

Kepala Dispussip Gunungkidul, Drs Ali Ridlo menyambut baik donasi buku dari UGKY-BAPPEDA. Ia berharap buku dapat bermanfaat bagi masyarakat Gunungkidul.

“Buku berisi nama makanan tradisional Gunungkidul, berikut keterangan bahan dan cara pengolahannya,” terang Ali.

Senada dengan Ali, Kepala Bidang Litbang Bappeda Gunungkidul, Rismiyadi, S.P., M.Si., menilai buku sangat bermanfaat karena memberikan informasi mengenai kekayaan dan keanekaragaman sumber bahan pangan serta jenis olahan yang dapat dibuat.

“UGK dan Bappeda kedepan diharapkan dapat terus melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat kaitannya dengan kajian terhadap isu-isu strategis di Kabupaten Gunungkidul,” harap Rismiyadi. (Kandar)

Komentar

Komentar