Karang Taruna Dusun Bulu Ramai-ramai ‘Ngarit’ Bantu Warga Yang Isolasi

oleh -
Gotong-royong cari rumput untuk warga yang isolasi. (dok. Karang taruna Dusun Bulu, Bejuharjo)
iklan dispar

KARANGMOJO, (KH),– Masyarakat Gunungkidul masih merawat kebiasaan gotong-royong. Kearifan lokal berwujud bekerja bersama-sama untuk meringankan beban pekerjaan ini banyak ditemui di tengah Pandemi COVID-19.

Gotong-royong ditunjukkan karang taruna Dusun Bulu, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Mereka berinisiatif mencari hijauan pakan ternak untuk warga tetangga dusun yang menjalani isolasi.

Kepala Dusun Bulu, Agung Subekti mengatakan, kegiatan ‘ngarit’ atau mencari pakan ternak secara bersama-sama bermula dari hasil evaluasi relawan bersama Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tingkat desa.

“Relawan dari dusun lain yakni Grogol III dan VI menghadapi persoalan kewalahan mengurus ternak warga yang menjalani isolasi. Sebab warga yang menjalani isolasi cukup banyak,” kata Agung, Selasa, (2/6/2020).

Warga dari dua dusun tersebut, lanjut Agung, baru saja menjalani rapid test. Tindakan rapid test diberikan kepada mereka yang sempat kontak langsung dengan warga yang dinyatakan positif COVID-19.

“Sekitar 10-15 pemuda mencari pakan ternak. Baik di kawasan Perhutani maupun di lahan mereka masing-masing,” jelas Agung.

Rumput lantas dikumpulkan. Setidaknya hijauan pakan ternak yang berhasil terkumpul memenuhi kabin mobil bak terbuka jenis Col-T. Menurutnya, berbagai jenis rumput untuk ternak sapi dan kambing itu ada sekitar 20-an ikat.

Selesai dimasukkan ke dalam mobil, rumput kemudian diantar ke posko relawan di balai Dusun Grogol. “Relawan dari dusun tersebut yang mendistribusikan rumput-rumput itu ke rumah warga yang menjalani isolasi,” imbuh Agung.

Selain karang taruna, ibu-ibu di Dusun Bulu tidak mau ketinggalan. Dalam waktu dekat mereka akan ikut menyumbang sayur-mayur untuk memenuhi kebutuhan pelengkap makanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri.

Lebih jauh disampaikan, warga yang isolasi, ada yang seluruh anggota keluarga dalam satu rumah, ada pula yang hanya salah satu anggota keluarga.

Koordinator relawan Dusun Grogol III, Eka mewakili warga mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan. “Terimakasih atas kepeduliannya. Bantuan ini sangat membantu,” kata Eka. (Kandar)

Komentar

Komentar