Ratusan Calon Jemaah Haji Gunungkidul Batal Berangkat Ke Arab

oleh -
Pelaksanaan ibadah haji di Mekah. foto: istimewa.
iklan-idul-fitri-smkn3-wno

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dipastikan ratusan calon jemaah Haji asal Gunungkidul gagal berangkat ke Arab Saudi tahun ini. Hal tersebut merupakan imbas keputusan Kementerian Agama (Kemenag) RI yang membatalkan keberangkatan ibadah Haji karena pandemi COVID-19.

Kasi Haji Kemenag Gunungkidul, Zuhdan Aris menginformasikan, ada 405 calon jemaah haji dari Gunungkidul yang akhirnya ditunda keberangkatannya.

“405 calon jemaah Haji ini sudah melunasi pembayaran. Sebetulnya tinggal berangkat sesuai jadwal,” kata dia, Selasa, (2/6/2020).

iklan kejari

Zuhdan mengungkapkan, instruksi resmi dari Kemenag RI masih ditunggu. Sebelumnya Kemenang kabupaten menerima keterangan dari pusat melalui video conference.

Lebih jauh disampaikan, jadwal calon jemaah haji tiap tahunnya mundur satu tahun belakang. Jadwal keberangkatan tahun 2020 akan direncanakan berangkat tahun 2021. Begitu juga dengan yang jadwalnya berangkat tahun 2021 maka akan berangkat tahun 2022.

Salah satu calon jemaah Haji asal Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Titik Prihati (55) menerima pembatalan tersebut. Ia tak mempermasalahkan pembatalan keberangkatan demi keamanan.

“Besok rencana berangkat dengan kerabat,” ujar Titik. (Kandar)

hut gk kh

Komentar

Komentar