Karang Taruna Desa Kepek Saptosari Buka Usaha Pemancingan

oleh -
Usaha pemancingan di Telaga Kepek Saptosari. Foto: Kandar.
iklan dispar
Usaha pemancingan di Telaga Kepek Saptosari. Foto: Kandar.
Usaha pemancingan di Telaga Kepek Saptosari. Foto: Kandar.

SAPTOSARI, (KH)— Ratusan warga Desa Kepek dan sekitarnya mengikuti pemancingan di Telaga Desa Kepek Kecamatan Saptosari, Minggu, (15/3/2014). Usaha pemancingan ikan yang digagas Karang Taruna ini sebagai salah satu upaya pemanfaatan telaga yang ada di desa setempat.

“Sekitar 22.000 benih ikan telah ditabur sebelumnya, seperti, nila , tawes dan tombro. Kita coba maksimalkan manfaat telaga,” kata Sumaryanto,tokoh pemuda yang bertindak sekaligus sebagai panitia.

Ia mengungkapkan, seperti di tempat lain di Gunungkidul, secara umum pemanfaatan telaga oleh sebagian masyarakat sekitar untuk mencuci dan mandi serta memandikan ternak. Kini jarang ditemui warga yang memanfaatkan air telaga sebagai sumber air minum. Agar lebih bernilai ekonomis, karang taruna setempat mengelolanya sebagai tempat pemancingan ikan.

“Tiket memancing sebesar Rp 25 000 tiap peserta. Sesuai tiket yang terjual perkiraan jumlah pemancing ada 300-an,” tambahnya.

Meski panas terik, sejak dibuka pukul 08.00 WIB pagi, para pemancing nampak asyik dengan galah pancingnya. “Lumayan, rata-rata sekitar 2 kg ikan sudah didapat para pemancing,” kata Supreh, salah satu pemancing. (Kandar).

Komentar

Komentar