Jelang Pemilu, Senjata Api Anggota Polres Gunungkidul Diperiksa

oleh -
Pemeriksaan senjata api milik anggota Polres Gunungkidul. KH
kadhung tresno
Pemeriksaan senjata api milik anggota Polres Gunungkidul. KH

WONOSARI, (KH),– Tidak ada temuan berarti atas pemeriksaan senjata api milik anggota Polres Gunungkidul yang dilaksanakan, Senin, (24/9/2018).

“Sebagian ada yang kotor,” ujar Wakapolres Gunungkidul, Kompol Verena Sri Wahyuningsih disela pelaksanaan pemeriksaan senjata api.

Kondisi senjata api, umumnya jenis pistol dalam kondisi baik. Diungkapkan, pemeriksaan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019.

Selain pemeriksaan senjata api, demi kelancaran bertugas juga dilakukan pemeriksaan sarana pendukung kinerja polisi yang lain, seperti kendaraan dinas. Hal tersebut dilakukan agar pengamanan Pemilu atau Operasi Mantab Brata tak menemui kendala.

Disebutkan, pemeriksaan senjata api dapat digelar periodik tiap tahun, namun dapat pula dilaksanakan secara insidental. Selain kondisi senjata api, pengecekan juga mencakup kelengkapan surat-surat senjata api yang dibawa petugas.

Terpisah, Komisioner Bidang Hukum, KPU Gunungkidul, Andang Nugroho mengaku terus berkoordinasi dengan beberapa pihak mengenai bergulirnya setiap proses atau tahapan pemilu.

Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran yang dilakukan baik Caleg, simpatisan hingga timses parpol peserta pemilu. Misalnya saja dalam hal aturan Alat Peraga Kampanye (APK), KPU Gunungkidul telah menentukan zonasi serta aturan pemasangan agar ditaati.

“Pengawasan di media sosial petugas kami sangat terbatas sehingga harapannya ada partisipasi dari masyarakat untuk turut serta mengawasi,” harap Andang.

Menurutnya pihak Bawaslu Gunungkidul juga dipastikan akan turut serta melakukan pengawasan tersebut. (Kandar)

Komentar

Komentar