Ikaragil Bedah Rumah Janda Miskin

oleh -
iklan dispar
Anggota Ikaragil Korwil Yogyakarta
Anggota Ikaragil Korwil Yogyakarta

PLAYEN, (KH) — Sebentar lagi Rukiyem (82) warga Padukuhan Ngleri Lor, Desa Ngleri, Kecamatan Playen  akan menghuni rumah baru. Hari ini Kamis, (15/1/2015) Ikatan Anak Rantau Gunungkidul (Ikaragil)  melakukan aksi bedah rumah dengan tujuan agar lebih layak.

Pembina Ikaragil Korwil Yogyakarta, Suwarno menyampaikan, sebelumnya kondisi rumah yang dihuni Rukiyem beserta anak dan cucunya tersebut sangat memprihatinkan. Beberapa bagian dinding rumah berbahan bambu sudah usang, bahkan jebol.

“Kegiatan ini tak hanya sebatas aksi sosial saja, tapi disertai niat sekaligus sebagai wujud ibadah. Mengangkat yang lemah dan miskin,” katanya di sela pembongkaran rumah.

Dibanding sasaran program bedah rumah yang telah direncanakan lainnya, rumah mungil milik Rukiyem sangat mendesak untuk dibongkar dan diperbaiki. Bisa dibayangkan saat hujan seperti sekarang ini, selain genteng tidak teduh, suhu dingin ketika malam tak dapat terhindarkan.

Sebelumnya, koordinasi secara intensif antar anggota Ikaragil dilakukan guna pembedahan secepatnya terealisasi, termasuk meminta dukungan Bupati Gunungkidul, Hj Badingah S Sos.

Atas nama Ikaragil dan pribadi, Suwarno mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang bersedia memberikan andil sebesar Rp 1,5 juta yang langsung diberikan kepada Jumiyanto cucu Rukiyem, Selain itu, tak lupa Ikaragil juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak yang berpartisipasi.

Meski kondisi becek, selepas hujan sekitar 15 anggota Ikaragil yang datang turut serta bersama warga bahu membahu membantu kelancaran pembangunan rumah. Rumah dengan 6×6 Meter diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 11 juta.

“Mewakili keluarga Rukiyem, kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu warga kami,” kata Paina Pj Kades setempat. (Kandar/Tty)

Komentar

Komentar