High Class Auto, Bengkel Gunungkidul Yang Bikin Super Car Lamborghini

oleh -
Suharyanto di depan mobil replika Lamborghini yang ia bikin. (KH/ Kandar)
iklan dispar

PLAYEN, (KH),– Bengkel High Class Auto di Desa Bandung, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul ini berbeda dengan bengkel mobil pada umumnya. Bengkel yang didirikan Suharyanto pada 2016 ini lebih berkonsentrasi melayani modifikasi membuat replika mobil-mobil berkategori super car.

Mengunjungi dan masuk dapur bengkel minggu lalu, KH menemui sedikitnya 3 pekerja. Belakangan ini mereka sibuk mengerjakan pembuatan replika mobil asal Italia, Lamborghini.

“Mobil yang diubah Mitsubishi Galant Hiu keluaran tahun 2.000, Ini proses finishing sudah mencapai 85 persen,” kata Suharyanto.

Ditanya soal kepiawaiannya membuat modifikasi mobil, ia mengaku tak lepas dari kebiasaannya sejak kecil bermain di bengkel milik pamannya.

Usai pulang sekolah, bengkel menjadi  tempat belajar ke dua baginya. Dari situ kemampuan mengenai reparasi dan modifikasi bodi mobil mulai terlatih. Terlebih dirinya juga merasa bahwa rutinitas di bengkel dapat dikatakan menjadi hobi baginya. Keseriusan meningkatkan kemampuan pun lantas ia asah terus.

“Sejak lulus lantas saya kerja di bengkel mobil,” terang bapak 1 anak ini.

Seiring berjalannya waktu, ia sempat berpindah kerja di beberapa bengkel ternama di Yogyakarta yang fokus pada modifikasi. Dirinya juga sempat melayani jasa reparasi dan modifikasi secara mobiling atau mengerjakan proyek langsung di tempat konsumen.

Disebutkan, total replika super car yang ia bikin baik untuk koleksi dan kontes pesanan konsumen sebanyak 6 unit. “Selama buka di Gunungkidul sudah bikin dua,” imbuh Suharyanto.

Mobil yang saat ini dikerjakan merupakan pesanan pengusaha asal Sleman. Total biaya untuk jasa modifikasi dan belanja material mobil baik interior dan eksterior menghabiskan setidaknya Rp. 350 juta.

Dirinya membutuhkan hampir satu tahun untuk menyelesaikan pekerjaan modifikasi itu. Waktu yang dibutuhkan tidak sebentar, sebab pembuatan replika benar-benar diusahakan sama persis dengan mobil aslinya yang kisaran harganya mencapai Rp. 6 hingga 9 Miliar.

Lebih jauh Suharyanto menyampaikan, dalam sekali tempo pekerjaan, ia mampu menggarap 3-4 mobil. Apabila beban pekerjaan naik tenaga bengkel akan ditambah menyesuaikan kebutuhan. (Kandar)

Saksikan video berikut:

Komentar

Komentar