Gunungkidul Berpartisipasi pada Pemecahan Rekor MURI Nguleg Bareng Sambel Bawang

oleh -
oleh
Bawang
Pemecahan rekor MURI nguleg bersama dengan cobek besar di Gunungkidul. (KH)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKH) Kabupaten Gunungkidul turut serta dalam pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Nguleg Bareng dengan Cobek Raksasa, Jumat (2/12/2022).

Agenda tersebut diinisiasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Misi tersebut diantaranya untuk mengangkat pamor bawang putih Nusantara.

“Di Gunungkidul tentu untuk memasyarakatkan bawang lokal varietas Gunungkidul dengan nama Lumbu Handayani,” kata Kepala DPKH Gunungkidul, Riamiyadi di komplek Kantor DPKH.

Dia berharap bawang putih lokal kedepan dapat dikembangkan secara masif. Salah satunya melalui peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di seluruh kapanewon.

iklan golkar idul fitri 2024

Bupati Gunungkidul menyambut baik gerakan tersebut. Dia turut bangga bahwa sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar pada struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Gunungkidul.

Fakta tersebut membuatnya akan selalu mendukung segenap program pertanian dan yang sejenisnya. Seperti perernakan dan UMKM.

“Pertanian bisa jadi modal utama untuk mengantisipasi risiko resesi yang diprediksi terjadi tahun depan,” terang Sunaryanta.

Dia beserta istri, Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, Kepala DPKP, serta perwakilan dari Dinas Pertanian DIY turut serta nguleg sambel bawang menggunakan cobek besar.

Dalam pemecahan rekor MURI tersebut, setidaknya ada 15 kabupaten dan kota di Indonesia yang terlibat. Data yang tersiar, ada sebanyak 7.000 masyarakat petani yang ikut menyemarakkan. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar